Kepala Sekolahku Yang Paling Berani !

Saya sebutkan begitu ! Karena beliau adalah satu-satunya kepala sekolah yang berani tidak memberikan sumbangan kepada partai yang berkuasa saat itu ! Sudah diketahui umum jika yang berkuasa saat itu bisa mengontrol hasil pemilu dan tiduk perlu lembaga quick count seperti sekarang ini karena sudah diatur pada hari pemungutan suara tidak diliburkan sehingga sekolah-sekolah, departemen-departamen, BUMN-BUMN bisa dikontrol hasilnya, di sekolah mana? di departemen mana ? di BUMN mana? jumlah suara partai yang berkuasa saat itu sedikit, maka berbahaya bagi pimpinannya ! bakal dicopot!.
Habis rehat dari rapat dewan guru beliau memberitahukan bahwa hanya beliaulah satu-satunya kepala sekolah yang menolak memberikan sumbangan untuk partai itu ! ( pada saat itu memang saatnya masa kampanye ). Seharusnya partailah yang memberikan sumbangan bagi sekolah-sekolah !.
Ada rekan saya langsung bertanya kepada beliau “Apakah Bapak tidak takut dicopot dari jabatan sebagai kepala Sekolah ?” Dengan tegas dan berani beliau menjawab “TIdak”, Dan Benar saja di akhir-akhir tahun sembilan puluhan itu, partai yang berkuasa itu pun runtuh !
Beliaupun mulus menjabat sebagai kepala sekolah sampai akhir masa jabatannya.
Dalam masa jabatanya yang cukup panjang disekolah kami sudah dua kali pemungutan suara, Dan dalam masa jabatannya itu beliau tidak pernah mengarahkan bawahannya untuk memilih partai yang berkuasa saat itu.

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Opini, Pengalaman dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s