Intervensi Partai Politik Ke Sekolah (2)

Cerita yang kedua ini terjadi dimasa sekarang di pemilu 2009, masih tentang intervensi Partai Politik Ke Sekolah.
Bagaimana bentuk intervensinya ?
Begini:
Semasa kampanye memang tempatnya para caleg dan juru kampanye (jurkam) menebar janji, untuk pendidikan isyu yang paling masyhur adalah Pendidikan gratis. Para Jurkam atau Calegnya mereka tidak tahu bahwa pendidikan gratis yang dicanangkan pemerintah adalah hanya sampai tingkat SMP.
Suatu hari ada siswa membawa surat sakti dari suatu caleg dari suatu partai besar dengan tulisan bahwa untuk nama anak seperti yang disebutkan di atas (dalam surat yang ditandatangani calegnya) agar dibebaskan dari segala biaya pendidikan selama bersekolah di SMK Negeri 3 Jakarta.
Karena memang sudah mendapat pelajaran dari kepala sekolah yang dulu maka tanpa laporan lebih dahulu dengan kepala sekolah yang sekarang wali kelas dari anak tersebut mengambil tindakan membalas surat sakti itu. Rupanya suratnya sudah tidak sakti lagi. Karena calegnya tidak wawasan tentang sekolah gratis. Berharap bisa dipilih oleh orang tua si anak agar dapat menjadi anggota dewan dia membuat surat yang tidak lagi sakti.
Wal hasil orang tua anak yang bersangkutan di panggil diberi pemahaman tentang sekolah gratis dan tentang rayuan gombal janji kampanye caleg yang tidak benar.
Apakah ini termasuk intervensi partai politik ke sekolah ?
Silahkan Anda menilainya sendiri.

Iklan

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Kepemimpinan, Pengalaman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s