Walaupun Perempuan Harus Bisa Te’ I’ dong !

Di SMK Negeri 3 Jakarta, tempat saya mengajar muridnya 90 % adalah perempuan, di dalam KTSP kami ada kompetensi menginstal Operating System, yang dilengkapi juga dengan cara memasang dan membuka harddisk, tujuannya semata-mata agar mereka tidak hanya sebagai operator atau pemakai komputer belaka, sistem operasi crash, atau keyboard macet, monitor tidak tampak gambar, atau mendengar bunyi aneh saat penyalaan adalah suatu keterampilan juga yang harus mereka bisa selesaikan, misanya mengatasai keyboard yang macet, mengatasi monitor yang tidak tampak gambarnya atau bunyi cpu yang aneh sewaktu penyalaan.

Rasa senang dan bangga mereka tunjukan sejak dari membuka cashing, memasang harddisk sampai sukses menginstal sistem operasi, dalam gambar di atas tampak mereka melaksanakan praktek dengan antusias.

Materi panduan selain diberikan oleh guru mereka lengkapi denga searcing di internet. Praktek dengan latihan minimal 2 kali saja diselesaikan dengan tes praktek tanpa melihat lagi panduan.

Dilaksanakan dengan membentuk kelompok praktek terdiri dari 4 s/d 6 orang.

Walaupun perempuan Harus Bisa Te’ I’ dong !

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Pengalaman dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s