PENCANANGAN E-Secondary Education Community


Pada hari Selasa, 14 Oktober 2008, Ada dua kegiatan yang wajib dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Jakarta, dengan jam dan waktu yang bersamaan, pertama adalah kegiatan halal bi halal keluarga besar SMK Negeri 3 Jakarta yang sudah dijadwalkan dalam jadwal rutin tahunan, acara yang kedua undangan dari Gubernur Provinsi DKI JAKARTA berkenaan dengan PENCANANGAN KOMUNITAS PENDIDIKAN MENENGAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI – E-SECONDARY EDUCATION COMMUNITY. Sebagai Pembantu Kepala Sekolah saya mendapat amanat untuk menggantikan beliau untuk menghadiri Undangan Gubernur yang bertempat di Balai Agung, Balaikota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Seperti biasa apabila para guru mengikuti suatu acara atau undangan apalagi dalam acara yang menggantikan kehadirannya, beliau selalu meminta laporannya,

Berikut ini adalah laporan saya tentang acara PENCANANGAN E-Secondary E ducation Community tersebut, sekalian jika para pembaca ingin tahu juga tentang acara tersebut.

Susunan Acara :

  1. Laporan Kepala Dinas DIkmenti Provinsi DKI Jakarta tentang E-Secondary E ducation Community
  2. Sambutan, pengarahan dan PENCANANGAN E-Secondary E ducation Community dengan menekan tombol pengiriman SMS ke seluruh kepala Sekolah SMA dan SMK di Provinsi DKI Jakarta.
  3. Pembacaan Doa
  4. Telekonferensi dari Balai Agung (Balai Kota) dengan SMA Negeri 87 dan SMK Negeri 57 (antara Bapak Gubernur dengan para siswa dan kepala sekolah disekolahnya masing-masing)

Jalannya acara :

  1. Dalam laporannya kepada Bapak Gubernur DKI JAKARTA Fauzi Bowo, Kepala Dinas DIMENTI Provinsi DKI JAKARTA, H. Margani M. Mustar menyatakan bahwa sudah seluruh SMA dan SMK Negeri Se-DKI JAKARTA terhubung dengan Internet (jelas banget karena sudah ada psb online dari beberapa tahun sebelumnya), yang didalam sekolahnya sudah ada hotspot-hotspot area untuk berinternet (SMK Negeri 3 Jakarta tidak hanya di sekolah saja lho tapi dalam arena jangkauan wilayah Jakarta pusat, sekitar kemayoran jika anda mengaktifkan PDA atau Laptop berwifi maka hotspot SMKN3 akan tampak). Ribuan guru di Provinsi DKI Jakarta sudah memiliki laptop (pantas saja kemarin setiap sekolah disuruh mengisi kwesioner tentang ini ternya buat laporan to !, baik atas kepimilikan sendiri beli kas atau nyicil atau inventaris sekolah). Ditampilkan juga Film tentang E-Secondary E ducation Community di Provinsi DKI Jakarta (tapi sayang dalam film itu tidak kelihatan tentang 5 ICT Center di lima wilyah kota padahal kegiatan ICT Center di lima wilayah kota sudah pantas di tampilkan dan merupakan nilai tambah juga untuk E-Secondary E ducation Community di Jakarta Pusat saja kami sudah melatih 180 guru, tu, dan pustakawan, ditambah lagi seluruh kepala sekolah SMP Negeri se-Jakarta Pusat, Sanggar-sanggar MGMP di Jakarta Pusat pelatihannya tentu tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, pembuatan bahan ajar dll, dll).
  2. Dalam sambutannya Bapak Gubernur Fauzi Bowo, bangga atas hasil yang telah dicapai oleh Dinas Dikmenti Provinsi DKI Jakarta, semoga kedepan lebih bertambah maju lagi, karena dalam programnya di Provinsi DKI Jakarta akan ditanam jalur kabel fiber optic yang mencakup seluruh wilayah di provinsi DKI JAKARTA (Sebagai Ibu Kota Negara memang harus lebih maju dari provinsi-provinsi lain di Indonesia).
  3. Pembecaan di Doa di pimpin oleh Kepala SekolahSMA Negeri 42, Bapak Lutfi, doanya nyambung banget dengan acara kegiatan.
  4. Telekonferensi cukup bagus walau dibantu oleh Telkom padahal jika krew ICT Center di Jakarta dikerahkan jika bisa. Pembicaraan yang dilakukan saat telekonferens standar saja tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Demikianlah laporan pandangan mata tentang Pencanangan E-Secondary E ducation Community di Provinsi DKI Jakarta, walau setelah acara ada tayangan-tayangan lain, rupanya promosi dari para sponsor dan pendukung acara tapi hanya sebagian saja mengikuti sampai akhir, kebanyakan cepat-cepat angkat kaki meningggalkan tempat (termasuk saya, bukan bermaksud apa-apa melainkan cepet-cepet cari tempat sholat untuk sholat dzuhur).

Yang hadir dalam acara :

Seluruh Kasudin lima wilayah, seluruh Kasubdis dan krewnya (para Kasi), Para kepala sekolah SMA dan SMK, hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Kasudin Dinas pendidikan Dasar Jakarta Pusat, para pengawas paket, para kepala sekolah SMA dan SMK, dan para undangan lain yang saya lihat dari komunitas IT.

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

7 Balasan ke PENCANANGAN E-Secondary Education Community

  1. dedidwitagama berkata:

    Terima kasih Pak Deni Reportasenya … Senin Anda mau ikut ke Pustekom untuk seleksi Final e-learning award Pustekom Depsiknas 2008? support Anda terus dibutuhkan bukan hanya oleh Saya tapi oleh semua penduduk negeri, selamat berjuang sahabat

  2. Ping balik: Membiasakan Laporan Elektronik di SMK Negeri 3 Jakarta « Dedi Dwitagama

  3. dani berkata:

    asyik ada report via blog..makin canggih aja dunia edu nantinya..smk jd pionir kayaknya🙂

  4. iyan berkata:

    “mikum”…bpa,,pa saya nak jrusan NKPI,,saya mw tanya ma bpa bleh gg???
    bpa,,knpa ska bnget ma duni maya????

  5. iyan berkata:

    Bpa,,bisa gg ajarin saya tuk buuwad Blog yng baik Gymana???
    so,,saya punya Usul Qlo di lab komputer di on line__nin???
    gyman pa??
    coz,,ksian nak jrusan yang lain gg bgitu knal Dunia mya???

  6. iyan berkata:

    bpa,,,ni numb telp saya 085280795203,,saya b’garap bpa mw blz lewat sms ja,,cozz,,uang saya kurang tuk bayar warnet,,ne ja saya nebeng ma teman saya”’
    hehe….hehe…
    sebelumnya saya minta maaf ma bpa,,ya Qlo saya ngggap Bpa sperti teman saya”””

  7. novi purwanto aw berkata:

    lam kenal dari sy,
    pecinta blog

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s