BERTEMAN MENURUT TUNTUNAN AL QUR’AN

Berikut di bawah ini adalah beberapa hasil pencarian saya tentang bagaimana berteman menurut tuntunan Agama yang saya yakini. Semoga menjadi petunjuk dan bermanfaat.

Allah SWT berfirman, “Dan Janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami serta menuruti hawa nafsunya” (QS.Al Kahfi;28)

Tuntunan di bawah ini adalah dari wasiat Alqamah kepada sang putra sebelum wafatnya.

“Anakku, Jika engkau perlu berteman dengan orang, maka bertemanlah dengan orang yang apabila engkau melayaninya ia pun melindungimu dan apabila bertemu dengannya ia menghiasimu. Apabila engkau berbuat baik kepanya ia pun membalasmu, jika engkau berbuat dosa ia pun mencegahnya, jika engkau diam, ia pun menyapamu, apabila engkau mengalami musibah ia pun menolongmu”

Ali bin Abi Thalib telah berkata :

“Sesungguhnya saudaramu yang sebenarnya ialah orang yang bersamamu dan merugian dirinya untuk memberimu manfa’at Dan apabila terjadi musibah, ia akan datang ia korbankan dirinya untuk menolongmu.”

Demikianlah yang saya dapatkan, Alhamdulillah berdasarkan perjalanan hidup selama ini saya mendapatkan pelajaran, ada saja teman yang berkhianat, saya dapat merasakan teman yang berkhianat itu adalah yang saya sadari dan rasakan tidak seperti tuntunan di atas. Sering kita dapatkan bagaimana seorang teman dapat menginjak teman-temannya hanya untuk mendapatkan tempat yang lebih tinggi (sebagai penjilat atasan), rasa kebersamaannya selama ini digunakan untuk keperluannya, bukan untuk kebersamaan.

Iklan

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Pengalaman, Tasauf. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s