JADILAH DIRI SENDIRI !

Dalam hidup kadang-kadang kita selalu ingin menjadi orang lain dan merasa orang lain lebih hebat dan selalau mengecilkan arti pekerjaan sendiri padahal melakukan pekerjaan yang sekecil apapun dengan baik, kita sudah melakukan sesuatu yang besar. Di bawah ini ada sedikit cerita tentang keadaan itu, tapi sadarilah bahwa kita memang harus mejadi diri sendiri, be yourself

adalah sebuah lampu templok (lampu kecil) yang tergantung di pondok penjaga Mercusuar. Setiap hari si lampu kecil selalu mengeluh akan tugasnya yang “hanya” menerangi pondok di penjaga dan si lampu kecil selalu iri kalau memandang lampu mercusuar yang begitu gagah, besar dan terang dan mempunyai tugas mulia. Menurut si lampu kecil, bahwa akan sangat membanggakan kalau dia juga bisa berdiri (tergantung) di tempat mercu suar yang tinggi, sehingga dia juga bisa melakukan tugas yang “mulia”. Hari yang dinantikan tiba. Pada suatu malam yang sangat berbadai, gelombang tinggi, angin menderu dengan kencang, si penjaga mercu suar membawa si lampu kecil (sebagai penerang) untuk naik ke mercu suar untuk berjaga jaga. Si lampu kecil pun ditempatkan di samping lampu mercu suar yang gagah tersebut. Seketika si lampu kecil merasa bahwa hidupnya sekarang jauh lebih berarti karena sudah bisa berdiri sama tinggi sama si lampu mercu suar dan ikut melakukan pekerjaan mulia. Detik ke detik, menit ke menit si lampu kecil tambah merasa bangga, dan dia memandang jauh ke depan untuk melihat kapal yang lalu lalang dan menjadikan mercu suar sebagai Tanda. Tetapi setelah si lampu kecil memperhatikan dengan seksama, dia melihat bahwa nahkoda kapal sama sekali tidak melihat dia, yang dilihat oleh nahkota adalah lampu mercu suar tanpa melihat sama sekali si lampu kecil. si lampu kecil kecewa.
Tibalah saatnya si penjaga mercu suar untuk pulang ke pondoknya dan membawa si lampu kecil. sampai dipondok si lampu kecil sadar bahwa tugasnya juga mulia apabila dia menjadi diri sendiri karena sudah bisa membantu si penjaga mercu suar melakukan tugasnya dengan menjadi penerang jalan dan penerang pondok.

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Tasauf. Tandai permalink.

Satu Balasan ke JADILAH DIRI SENDIRI !

  1. Bujang berkata:

    Pekerjaan yg kecil dan terlihat remeh sangat berarti jika kita lakukan dg ikhlas.
    (Cerita yg sederhana, ttp dibalikny tersimpan nilai2 tasauf yg begitu dalam)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s