KRITERIA PROFIL SMK BERSTANDAR NASIONAL

Bertempat di Hotel Griya Astuti mulai dari tanggal 25 s.d. 29 Agustus 2008 saya mengikuti PEMBINAAN MANAJEMEN PENYELENGGARAAN SMK BERSTANDAR NASIONAL, Kegiatan ini di ikuti oleh 62 kepala sekolah negeri di lingkungan Dinas Dikmenti DKI Jakarta (Jakarta pada saat ini ada 62 SMK negeri).

Beberapa rekan banyak bertanya apa sih kriteria profil agar suatu SMK ditetapkan sebagai SMK bertaraf nasional, berikut di bawah ini diantaranya ?

Jika suatu SMK ingin maju, maka haruslah terstandar. Karena dengan terstandar, masyarakat akan mengetahui status SMK tersebut, selain dengan melihat hasil akreditasinya.

Profil SMK berstandar nasional, memiliki 10 komponen yang harus dipenuhi dengan beberapa profil/kondisi akhir yang ditentukan jika suatu sekolah ingin menjadi SMK berstandar nasional.

Adapun 10 komponen tersebut yaitu:

  1. Komponen/proses belajat-mengajar,
  2. Organisasi dan manajemen sekolah,
  3. Sarana dan prasarana,
  4. Ketenagaan,
  5. Pembiayaan,
  6. Peserta didik/siswa,
  7. Peran serta masyarakat,
  8. Lingkungan/kultur sekolah,
  9. Unit produksi,
  10. Institusi pasangan.

Profil Kondisi Awal suatu sekolah memasuki sekolah berstandar nasional adalah mempersiapkan siswa agar mencapai minimal nilai rata-rata matematika 5,6, minimal nilai rata-rata bahasa Inggris 7,0, minimal nilai rata-rata bahasa Indonsia 7,0, masing-masing 50% dari jumlah seluruh program keahlian. Begitu pun jumlahnya minimal 600 siswa, dan 30% lulusan terserap pada 6 bulan pertama setelah lulus serta masa tunggu rata-rata lulusan 1 tahun 6 bulan untuk seluruh lulusan. Jadi, yang lebih penting bagi kita adalah jangan mendidik anak kita menjadi pengangguran intelek.

Sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan adalah ruang kelas, laboratorium/bengkel, lapangan dan sarana olah raga, kantor, ruang guru dan ruang penunjang. Semua harus memenuhi standar. Seluruh kegiatan perlu computerized serta memiliki internet/e-mail, telefon/faksimil, fotokopi, LCD, laptop, dan TV/VCD. Yang lebih penting adalah pembelajaran secara moduler, serta perangkat pembelajaran melalui VCD dimiliki dan sedikitnya ada satu mata pelajaran selain mata pelajaran bahasa ingggris bahasa pengantarnya adalah bahasa inggris misalnya salah satu mata pelajaran produktipnya diajarkan dengan bahasa pengantarnya bahasa inggris.

Demikianlah Kriteria Profil sekolan berstandar nasional, Nah… jika SMK Anda ingin bestandar nasioanl penuhi dulu kriteria profil di atas,

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Pengalaman. Tandai permalink.

3 Balasan ke KRITERIA PROFIL SMK BERSTANDAR NASIONAL

  1. dyah hendrastuti berkata:

    Saya adalah seorang guru bahasa inggris SMK di Palangkaraya, Kal-Teng. kebetulan sekolah saya sudah berstandard nasional dan menuju internasional. namun masih ada kendala yaitu bahwa bahan ajar yang old style dan juga kurangnya tenaga pengajar yang sanggup untuk bersaing dalam standar nasional atau internasional. bagaimana cara nya agar saya bisa mendapatkan bahan ajar yang up to date?

  2. Deni Triwardana berkata:

    Well coba dulu ke http://www.psmk.net semoga membantu

  3. Ping balik: Recent Links Tagged With "profil" - JabberTags

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s