Janji Pengawas Paket

Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum di SMK Negeri 3 Jakarta, Saya sering mendapat undangan workshop atau sejenisnya yang di dalam undangan di sebutkan khusus WAKAKUR (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum) artinya tidak dapat di wakllkan oleh wakil kepala sekolang bidang yang lain. Undangan kali ini tentang workshop dengan pengawas paket SMK Suku Dinas Kotamadya Jakarta Pusat. Sebenarnya yang wajib hadir adalah kepala sekolah saja, karena di hari yang sama ada kegiatan pembukaan pameran pendidikan di Dinas Dikmenti maka kepala sekolah cukup wajib hadir di pembukaan acara ini setelah itu langsung menuju ke Dinas Dikmenti di Jalan Gatot Subroto, maka para wakil kepala sekolah bidang kurikulumlah yang tinggal untuk mengikuti workshop dengan pengawas paket.

Acara ini dilaksanakan di Aula SMK Negeri 27 Jakarta. Yang datang menghadiri semua kepala sekolah beserta wakil bidang kurikulumnya masing-masing baik dari SMA maupun SMK se-Kotamadya Jakarta Pusat. Baru kali ini ada acara seperti ini dibuka cukup pagi yaitu pukul 08.00 wib oleh Wakadis Dinas Dikmenti Prov. DKI Jakarta Bapak Ibnu Sabiin Hatta, dibuka cukup pagi karena sejam kemudian harus berada kembali di Dinas Dikmenti Prov. DKI Jakarta untuk mengikuti acara pembukaan Pameran Pendidikan yang dibuka oleh Bapak Fauzi Bowo selaku Gubernur Baru Prov. DKI Jakarta.

Setelah Pembukaan maka antara SMA dan SMK dipisahkan menurut pengawas paketnya masig-masing, untuk SMA masih di tempat yang sama, untuk SMK pindah ke ruang sidang hotel SMKN 27 Jakarta.

Acara berlangsung sampai pukul 12.00 WIB, Saya dapat menyimpulkan dari acara ini bahwa para pengawas paket berjanji akan lebih teliti dalam mengisi Instrument Supervisi yang pada sebelumnya hanya diisi di ruang kepala sekolah tanpa melihat keadaan yang sesungguhnya dan hanya percaya begitu saja dengan dokumen-dokumen yang disodorkan oleh sekolah, menurut salah seorang pengawas efek dari pekerjaannya itu adalah berbanding terbalik dengan hasil UN, yaitu hasil UN-nya tidak begitu bagus tapi keadaan sekolahnya bagus menurut supervisi pengawas paket, sehingga kedepan mereka akan lebih teliti, janji para pengawas paket ini cukup membuat saya mengerti bahwa selama ini keberadaan para pengawasa paket hanya menjadi formalitas saja tanpa ada fungsi yang dapat memberdayakan mereka yang sebenarnya dibutuhkan sebagai konsultan di sekolah-sekolah yang dibawahinya. Pada kenyataannya ada sekolah yang sampai 6 bulan tidak pernah dikunjungi pengawas paketnya, padahal Instrument Supervisi harusnya wajib diisi setiap bulan dengan mensupervisi hal yang berbeda tiap bulannya, jelinya dinas ditahun yang baru ini meminta laporan dari pada setiap pengawas paket laporan perminggu sehingga akan membuat pengawas lebih sibuk dari sebelumnya.

Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum di SMK Negeri 3 Jakarta, Saya mengantisipasinya dengan segera bersama Kasubag Tatausaha dan para staff yang tekait dengan masalah yang akan di supervisi oleh pengawas untuk lebih mempersiapkan segala dokumen dan keadaan dengan melihat jadwal kunjungan dengan masalah yang akan disupervisi oleh pengawas paket. Yang sebenarnya memang sudah siap banget karena sekolah kami baru saja di Akreditasi pada bulan Nopember sehingga segala dokumen yang dibutuhkan dengan keadaannya masih fresh untuk di supervisi.

Jika benar janji para pengawas paket benar dijalankan maka pada setiap akan di akreditasi oleh BAS setiap sekolah tidak perlu pontang-panting mempersiapkan diri untuk akreditasi karena kalaulah supervisi dari pengawas paket lancar dan telit,i persiapan menuju akreditasi sekolah menjadi lebih mudah.

Semoga janji pengawas paket adalah benar ditepati agar sekolah-sekolah yang dibawahi terbina dengan benar karena selama ini kebanyakan para pengawas paket adalah mantan kepala sekolah yang dulunya juga pernah disupervisi oleh para pengawas paket yang juga mantan kepala sekolah. Apakah perlu para pengawas paket adalah orang yang independen ?

Iklan

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Pengalaman. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Janji Pengawas Paket

  1. kusdiyono berkata:

    Pak, belum bisa dibuka..
    Kalo ada KKM untuk KKPI dan PKn.

    Trims

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s