MONEV KTSP Ke Pematang Siantar (1)

Sehabis dari Aceh, Balitbang PUSKUR Diknas kembali menugaskan saya untuk Monitoring Evaluasi KTSP ke Pematang Siantar, bersama tim yang sama kembali tapi minus Bu Pipin, Pak Afif dan Pak Suherman, Kami berangkat hari Kamis, Tgl. 8 Nopember 2007, pukul 14.30 dari Bandara Internasional Sukarno Hatta, sampai di Medan pukul 16.55 langsung menuju Pematang Siantar dalam suasana perjalanan malam dengan hujan sangat lebat dengan melewati perkebunan yang gelap.

Mendekati pukul Sembilan barulah kami sampai di Siantar langsung menuju ke penginapan.

Pagi harinya kami dijemput pejabat dari Dinas pendidikan Setempat Bapak Mansur Sinaga yang langsung membawa Tim Puskur ke SMK Negeri 1 Pematang Siantar, Di Aula telah berkumpul perwakilan guru dari berbagai jenjang dengan KTSP masing-masing yang sudah siap untuk kami Monitoring dan Evaluasi.

 

deni-triwardana-smk1pmst.jpg

deni-triwardana-audience.jpg deni-triwardana-smk1pms.jpg Tepat pukul 08.30 acara dimulai secara protokoler dari pembukaan sampai ceramah tentang KTSP dilanjutkan dengan Monitoring dan Evaluasi masing-masing KTSP dari Jenjangnya masing-masing. Kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan dari Balitbang Pusat Kurikulum DIknas yang sebelumnya adalah melakukan pendampingan kebeberapa sekolah dalam rangka membantu penyusunan KTSP-nya. Memang Pusat Kurikulum tidak lagi seperti dulu membuatkan kurikulum, melainkan membuat model-model, pendampingan penyusunan, monitoring dan evaluasi pada KTSP-KTSP di berbagai jenjang pendidikan pada sekolah-sekolah yang menjadi targetnya.

deni-triwardana-silabustt.jpgHasil Monitoring dan Evaluasi KTSP di SMK Negeri 1 Pematang Siantar cukup memprihatinkan buat saya bukan karena kurikulum yang dibuat di sekolah itu tapi bagaimana semangat membuatnya dengan fasilitas dan sarana yang terbatas, saya mendapatkan Silabus dan RPP yang dibuat oleh beberapa guru dibuat dengan tulis tangan, walaupun demikian temuan-temuan kelengkapan yang masih kurang di dalamnya masih saya maklumi misalnya belum ada profil sekolah di dalamnya, tidak adanya alat evaluasi serta bobot penilaian pada tiap RPP, penyusunan Silabus dan RPP yang masih belum optimal, masih ada juga yang meyalin dari model sekolah lain. Begitu juga temuan-temuan teman-teman pada jenjang yang lainnya hampir sama.

Sepertinya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dibuat oleh masing-masing sekolah di Pematang Siantar ini kalau di ibaratkan buah belum matang atau belum layak dipetik, padahal harusnya PUSKUR dapat memanen lebih baik, mungkin karena KTSP ini masih baru disamping masih banyak kendala disana sini kali ya…

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Pengalaman. Tandai permalink.

2 Balasan ke MONEV KTSP Ke Pematang Siantar (1)

  1. Uni berkata:

    hmm.. akhirnya ada juga berita tentang bekas sekolah ku ini (SMK Negeri 1). jujur neh saya ga kaget dengan isi beritanya, yah emang seperti itulah sekolah ku yang serba minim fasilitas, entahlah, kalo menurut saya emang karakter guru2 di sana kurang kreatif kale yah (jgn marah yah pa Dolok). padahal sebenarnya sekolah itu bisa dibilang sekolah yang lumayan baik dan tidak kekurangan dana, tapi tetep aja masih minim fasilitas.
    dulu sewaktu saya sekolah di sana, tahun 2001 saat mau uji kompetensi, menyakitkan sekali untuk jurusan sekretaris karena harus menggunakan komputer JADUL, orang lain udah make Windows, eh kita saat itu masih make WS lah Lotus lah, aduh ampun deh gw, trus alumni2 nya juga jarang kedengaran, kurang ada wadah tuh so yah begini inilah…

    • Sarmentua Sinaga berkata:

      sungguh tak kusangka mengapa harus begini. sekolah yang dulu dibanggakan (1994) bukannya semakin baik tapi…… aduh susah mengtakannya. So what, ayo para alumni kobarkan semangat Marsipature Hutana Be. Mudah2an sekarang udah mendingan dibanding tahun 2007. Ok……

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s