NEKAAAD ! DENGAN UBUNTU

deni-triwardana-ubuntu.gifJudul di atas saya buat demikian karena memang nekad saja yang saya tekadkan agar murid-murid saya di sekolah agar terbiasa menggunakan linux kelak.

Berbekal Kurikulum sesuai dengan standar isi dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) saya menyusun sendiri kurikulum KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi) di sekolah tempat saya mengajar (SMK Negeri 3 Jakarta). Sistem Operasi yang saya akan ajarkan adalah linux, distronya adalah UBUNTU.

Mengapa UBUNTU ?


Ketersediaan Dukungan

Setelah beberapa bulan saya menggunakannya, saya merasakan user friendly-nya,

Dukungan penuh secara komunitas tersedia di internet baik website-website maupun mailing list-nya.

Berbagai Panduan tersedia.

Berbagai bantuan jika kita minta, ada yang memberikan.

Beberapa seminar Linux telah saya ikuti, terakhir tentang UBUNTU dari komunitas CIDEPOKS (thanx Mr. Prihantoosa dan Mr. Bayu yang telah berbagi kepada kami).


Melihat Situasi dan Kondisi saat ini

Setelah survey kepada murid-murid saya mereka di SMP sudah belajar system Operasi Microsoft Windows, Pengolah Kata (MS-Word), Spreadsheet(MS-Excel). Presentasi (MS-Power Point dan Browser (Internet Explorer). Maka saya merasa tidak perlu lagi memperpanjang pemakaian dan ketergantungan mereka dengan MS-WINDOWS.

Setelah survey kepada beberapa kantor, perusahaan dan masukan dari para alumni yang sudah bekerja, banyak yang sudah beralih ke Linux karena efesiensi dan penghematan.

Setelah survey juga dengan lingkungan SMK secara regional di Jakarta Pusat belum ada yang berani beralih ke linux.

Keputusannya: NEKAAD ! DENGAN UBUNTU

Maka… saya mempunyai tekad dengan distro UBUNTU saya akan mulai sebagai perintis pembelajaran KKPI dengan system operasi bukan Microsoft Windows.

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Pengalaman. Tandai permalink.

15 Balasan ke NEKAAAD ! DENGAN UBUNTU

  1. axireaxi berkata:

    wutul-wutul nekads!!

    hehehe, becanda koq.. (^_^)
    selamat ya pak, sdh berani meninggalkan produk proprietary yg mahal dan mengenalkan *mainanbaru* kpd siswa

    semoga lancar n sukses!

    salam dari pemakai openSUSE,
    adi.nugroho

  2. dwitagama berkata:

    bravo …. keep fight friend

  3. kharistya berkata:

    Selamat pak

    semoga sukses, dan sekolah2 lain bisa banyak belajar dari percontohan smk 3.
    Sepertinya bisa diajukan ke Menkominfo dan Diknas supaya mengetahui, mendapat tanggapan dan dibuatkan promosi keseluruh INDONESIA.

    INDONESIA GO OPEN SOURCE amin

  4. heri berkata:

    salam kenal dan salut pak,
    semoga sukses !

  5. Saiful Adi berkata:

    smoga sukses…., ntar kami dari smkn 39 jakarta juga akan mencoba,minimal gurunya dulu harus bisa ya ga..

  6. Deni Triwardana berkata:

    @All : Thanx For All,

  7. RaCheL berkata:

    Bagus,,,SMA karangturi semarang pun sudah beralih ke linux,,meski bertahap.

    Succeed for aLL…

  8. kangguru berkata:

    maju terus open source
    selamat pak

  9. dani iswara berkata:

    wah dari smk dah pake linux??
    saya ikutan blajar pak ya..

  10. Hendra Hermawan berkata:

    Ruuuaaar biasa. Bravo. Selamat Deh.
    Mohon sarannya nih, saya sedang mencari distro yang cocok untuk server untuk melayani 30 komputer. (O..ya..saya guru TIK di SMP YWKA Bandung.

  11. helgeduelbek berkata:

    Sip dah. tapi sayang sekolah yg saya tinggal untuk sementara waktu belum bisa berlajut untuk menggunakan linux, maklum keterbatasan sumber daya.

  12. siswadi berkata:

    gooooooooood alias bagus Pak Deni, saya mau niru biar anak bangsa ini tahu yang namanya teknologi opensource(tapi masih belajar je).

    salam hangat dari semarang yang panas

  13. setiawan berkata:

    sip pak…
    saya juga lagi merintis ke arah sana pak.
    Anak-anak perlu ditambah wawasannya agar gak cuma kenal Windows. Salah satu motivasi saya adalah kelangkaan orang yang paham Linux menjadi nilai tambah dalam bersaing mencari kerja.
    Orang windows bejibun, harga tawar menjadi rendah,
    orang linux sedikit, harga tawar tentu tinggi…

  14. Prihantoosa berkata:

    Selamat berjuang pak Deni.
    Kekuatan sebenarnya ternyata tidak datang dari OS atau software open source semata atau apapun namanya, tapi dari kekuatan filosofi atas kebebasan dan spirit pendidikan dalam memajukan bangsa yang luar biasa yang ada pada pak Deni dan kawan-kawan di SMK 3.
    Go…Go…Go !!

  15. Lieur-Euy berkata:

    wah baru nemu neh blog… hhhmmm asik neh berbagi ubuntu disini

Tinggalkan Balasan

