Pengajaran Komputer dari berbasis kompetensi ke wirausaha

Suatu ide sederhana, saya menyusun materi pengajaran komputer untuk diterapkan kelak di sekolah tempat saya mengajar (semoga kepsek saya membaca ini), sebenarnya ini ide lama karena sekolah di tempat saya mengajar urung terus belum mau buka jurusan multimedia sementara saya geregetan sudah ngebet banget dengan ide ini sampai ngebet juga mau pindah ngajar ke sekolah yang ada jurusan multimedianya (sampai sekarang belum kesampaian). Karena diantara dari ide yang saya buat memang harus ada bekal multimedianya.

Rekan guru sesama Tim IT SMK Negeri 3 Jakarta mengomentari ide saya ini cukup gila… apalagi jika diterapkan sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / KTSP di SMK Negeri 3 Jakarta.

Pengajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi yang ada sekarang ini memang sudah berbasis kompetensi ditambah lagi disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), sebagai guru saya hanya mencoba berimprovisasi dengan menggunakan alternativ lebih fokus ke menyiapkan siswa dengan kemampuan kompetensi keterampilan komputernya ke wirausaha, tidak terlalu muluk-muluk sebatas berbekal kompetensi yang sudah fokus pada sasaran agar anak didik saya dapat berwirausaha ataupun bekerja pada bidang usaha yang fokus diketerampilan komputernya.

 Adapun Materi Kompetensi yang saya persiapkan adalah :

         Operator Jasa Pengetikan

         Operator Data Entry

         Operator Warnet

         Operator Assistent Studio Foto Digital

         Operator Assistent Studio Video

         Operator Perakit PC

         Operator Maintenance and Repair PC

         Operator Assistent pembangunan jaringan (wired & wireless)

         Dst….

Beberapa isi materi kompetensi diatas saya survei dari alumni yang sudah bekerja dibidangnya maupun yang membuka usaha sendiri, yang dulu memang saya mengajar mereka tidak fokus ke materi yang sekarang menjadi ladang mereka mencari nafkah, sambil survei dengan mewawancarai mereka saya menyelidiki kompetensi-komptensi yang mereka gunakan dalam berwirausaha dan yang bekerja pada bidangnya yang menggunakan keterampilan komputer. Cukup banyak masukan yang saya terima dari para Alumni (Terima Kasih saya sampaikan kepada para Alumni, Sartono yang membuka usaha jasa pengetikan dan fotocopy di depan kampus Universitas Jayabaya, Dewi Operator Data Entry di Polda Metro Jaya dan masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, masukan masukan yang Anda berikan dapat menambah perbendaharaan kompetensi yang akan saya ajarkan pada adik-adik kelasmu, semoga Anda semua membaca blog ini juga)

 Ada ide juga untuk membuka pelatihan-pelatihan dari kompetensi-kompetensi yang saya sebutkan di atas pada ICT CENTER JAKARTA PUSAT yang berada di SMK Negeri 3 Jakarta, Jl. Garuda No. 63, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Pengalaman. Tandai permalink.

7 Balasan ke Pengajaran Komputer dari berbasis kompetensi ke wirausaha

  1. axireaxi berkata:

    Salam kenal (^_^)

    Semoga ide Bapak bisa terlaksana dg lancar… amiin
    Selamat berjuang!

  2. willy berkata:

    Bravoooo,memang harus ada gebrakan baru yang pendekatannya kpada dunia usaha/wirausaha….. Pak Deni yanh terhoramt…ane ngajar multimedia di smkn19 jakarta yg baru membuka jurusan ini…yang mnurut ane kurikulum multimedia terlalu njelimet tidak ada pemfokusan kpada satu titik keahlian….Memang harus ada pemetaan dari awal agar siswa setelah lulus sudah tahu potensi dirinya.Silahkan main pak Deni ke smkn19 tuk melihat jurusan multimedia nya agar jurusan yang baru ini mempunyai nilai jual kepada masyarakat khususnya dunia usaha…. Thanx

  3. Deni Triwardana berkata:

    @axireaxi : Salam kenal juga mas,Terima Kasih dah mampir.

    @Willy : Wah… Mas Willy sedang menggebu-gebu semangatnya, insya Allah saya usahakan bekunjung ke tempat Anda, Salam untuk Pak Happy, Sajid dan bu Ilah.

  4. Saiful Adi berkata:

    bagus ide ini saya setuju, saya dari SMKN 39 juga berniat buka program multimedia, tapi belum kesampain jg

  5. sudijarto berkata:

    Bagus sekali mas, program anda sama dengan gebrakan SKB (sanggar kegiatan belajar) kota jogjakarta dan juga mungkin skb lain di Indonesia. maju terus…

  6. AGUS ARIAWAN berkata:

    ok punya tu pak guru progny. Klo bisa buatkan forumny. Salam kenal dr Agus A, SMK Hidayah, Banyumanik Semarang, Jur. TKJ

  7. made dwi artana berkata:

    pak, saya salut dengan ide Bapak. pak, sy to the point hendak menawarkan program training MS Office dgn sertifikasi yg dikeluarkan oleh Microsoft Learning Solutions. namanya DAT program. sertifikasinya diakui secara internasional. DAT program telah terlaksana di banyak kampus dan sejumlah SMK di Jatim dan Jateng. modul disusun berdasarkan Microsoft official curriculum, dgn harga dasar program yg reltif terjangkau, 125rb (elementary), 150rb (profesional). sementara demikian, sy akan segera kontak bapak. tksh

Tinggalkan Balasan

