Internet Murah

Seperti yang sudah diberitakan di media massa, dua operator telekomunikasi penyedia layanan akses internet akan menurunkan tarifnya pada April 2007.

PT. Indosat Mega Media (IM2), yang semula menerapkan biaya Rp. 5 juta per bulan untuk akses Internet tak terbatas, akan menurunkan tarif menjadi Rp. 750 ribu.

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan menurunkan paket Speedy Personal dari Rp. 300 ribu menjadi Rp. 200 ribu per bulan dengan kuota bandwith 1 gigabita. Tarif pemakaian yang melebihi kuota juga akan diturunkan dari Rp. 700 per megabita menjadi Rp. 500.

Itu Good News… Kita bisa terjebak dengan kabar tersebut, bagaimana dengan kualitas jaringan dan layanan pelanggan ?

Saya pernah punya pengalaman dengan keduanya…

deni-triwardana-im2.jpg Dengan PT. Indosat Mega Media (IM2), sewaktu penyelenggaraan LKS SMK TINGKAT NASIONAL KE 14 di JAKARTA, kami dari SMK NEGERI 3 JAKARTA sebagai pengelola MEDIA CENTER pada kegiatan ini mendapat sumbangan gratis bandwith, dengan imbalan PT. Indosat Mega Media (IM2) dapat memasang bannernya di lokasi Media Center (Tempat Para wartawan kumpul dan Konferensi Pers). Sungguh hebat rasa peduli dan pelayanan yang kami dapatkan, satu hari sebelum hari H satu unit mobil Van berantena parabola sudah datang ke lokasi Media Center di Anjungan Jawa Barat. Para Kru benar-benar memberikan layanan yang memuaskan, bandwith yang kami daptkan langsung di ambil melalui satelit dari perangkat parabola yang ada di atas mobilnya (seperti tampak pada gambar). Dari mobil tersebut disalurkan melalui kabel UTP ke Switch yang ada di Media Center yang kemudian disebar ke komputer-komputer yang ada di Media Center untuk keperluan para wartawan dan para pengunjung LKS SMK TINGKAT NASIONAL yang datang dari seluruh penjuru INDONESIA. Benar-benar kagum dengan pelayanannya walaupun akses tersendat lambat (padahal langsung dari satelit). Kekecewaan kami terobati dengan pelayanan kru PT. Indosat Mega Media (IM2) yang 24 jam piket dan selalu menjaga aliran bandwith nya yang walaupun lambat selalu di usahakan tetap mengalir.

Kesimpulan :walaupun kemampuan akses yang lambat tapi pelayanan yang bagus diutamakan, (sampai saat ini-pun saya masih bingung apa yang membuat akses bandwith pada waktu itu menjadi lambat padahal langsung di ambil dari satelit-nya, sampai-sampai dibantu dengan menggunakan repeater-pun kecepatannya hanya bertambah sedikit).

Dengan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Kami disekolah berlangganan Speedy, pada awalnya Kwalitas Akses cepat, lama kelamaan sering putus-putus, pada awalnya kru layanan pelanggannya responsip begitu di telpon datang, lama kelamaan sudah tidak responsif lagi cenderung apatis dan apa adanya, tagihan bulanan sering meledak di atas budget (pada waktu itu masih menggunakan paket limited 384 Kpbs) padahal dipakainya hanya dari pagi sampai sore itupun dimatikan pada malam hari. Pada akhirnya sering dialup saja dengan telkomnet instan (padahal langgana Speedy sampai saat ini masih terus, karena sering putus dial up adalah jalan cepat kalau penting banget itupun aksesnya lambat). Terus terang sekolah kami pernah mendapat bantuan diberikan 2 unit PC dan 1 unit Printer dari Telkom tapi itu belum dapat mengobati rasa kecewa sampai tulisan ini dibuat. Entah kalau memberikan bantuannya 100 unit PC mungkin terobati rasa kecewa ini. Tambah lagi dengan program internet goes to school nya lalu subsidi bandwith selama 4 bulan di tambah modem ADSL gratis yang menurut saya program pancingan dari Telkom untuk semua sekolah menjadi langganannya. Dengan memanfaatkan program Jardiknas-nya Depdiknas RI.

Kesimpulan : Kesan pertama mengesankan selanjutnya mengecewakan.

Iklan

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Pengalaman. Tandai permalink.

49 Balasan ke Internet Murah

  1. feha berkata:

    huahaha….
    klo ngomongin Telkom vs Indosat, saya pribadi akan pilih Indosat

    @feha : Kenapa pilih Indosat… Alasannya Dong…

  2. kangguru berkata:

    hiks aku belum bisa bedain cuman pake speedy sich

    @Kangguru : ceritakan dong pengalaman menggunakan speedy

  3. peyek berkata:

    pointnya telkom lebih ancur ya….


    @peyek : sudah jadi rahasia umum deh…

  4. roseheart berkata:

    apapun produk dari telkom pasti ancur-ancuran, karena sudah budaya dari telkom untuk menghancurkan negara ini

    @rosehart: wah… saya bingung juga deh… padahal telkom masih milik Indonesia lho dari pada Indosat…

  5. helgeduelbek berkata:

    telkom bilang kesan pertama begitu mempesona selanjutnya yah… terserah anda 😀

    Pak yg IM2 dari 5 juta menjadi 750rb itu itu untuk paket yg mana yah? di ICT tempat saya nginduk “dedicated” bandwidth 256 kbps kan 7 juta
    apakah yg ini ada turun juga?
    saya cari di webnya im2 gak ada info sama sekali nih, mohon bantuan penjelasannya

    @Helgeduelbeg :Berbeda dengan “dedicated” tentunya Pak karena yang dimaksud “dedicated” itu jalur khusus sedangkan paket tanpa batas yang dimaksud adalah broadband seperti jalan raya pada umunya tanpa batas tapi ramai-ramai pakainya, semisal jalur busway dan jalan raya pada umumnya (di Jakarta) paket dedicated adalah jalur khusus atau seperti jalur busway-nya. berita internet murah saya kutip dari Koran Tempo edisi Rabu 28 Maret 2007 pada halaman B8 (halaman bisnis/multimedia)

  6. Kang Kombor berkata:

    Telkom dan Indosat? Bukannya dua-duanya milik Singapura?

    @Kang Kombor : Baru Indosat Kang…

  7. ROCH AKSIADI berkata:

    Wah mantab banget itu, kalau gini kan banyak masyarakat Indonesia yang berpandangan luas. Mudah-mudahan benar adanya. Thank’s infonya pak!!

  8. dedidwitagama berkata:

    wah … foto LKS di taman mini mengingatkan kenangan indah … thx

  9. clukindahose berkata:

    OOT..mas deni yang ngebawa acara kuliner di transtv yah.. hehehe.. mirip..

    kalau nunggu performa yang baik dari 2 perusahaan monopoli diatas, bakal lama.. mungkin di LN benwit 10 mbps didistribusikan ke pelanggan disi masih dalam selokan 1mbps.. huff s**Ks

  10. radheetz berkata:

    asdf

  11. arifkurniawan berkata:

    Lumayan infonya euy. Makasih Mas Deni.

  12. baron berkata:

    kalo gw yang mana aja sich bagus…yang penting ngga nyusahin dalam pemakaiannya

  13. micokelana berkata:

    Dengan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Kami disekolah berlangganan Speedy, pada awalnya Kwalitas Akses cepat, lama kelamaan sering putus-putus

    Kan lagi kejer setoran skrg, banting harga gila-gilaan, yah gitu deh jadinya..??

  14. Hendra Ciptawan berkata:

    Karena alasan kantong, Telkomlah yang masih ngelekat di kalangan mahasiswa kaya’ aku 😦
    Besok-besok dah kalo udah bisa dapet duit sendiri, Indosat bakalan di gaet 🙂

  15. prayogo berkata:

    Wah saya baru saja merampngkan tulisan dengan tema yang hampir sama dengan yang bapak tulis. Ttp nggak apalah, nanti saya akan tetap posting. Karena menurut saya agak beda tulisannya.

    Mimpi internet murah, ini merupakan mimpi yang selama ini saya dambakan.

  16. fransiskus Pramono berkata:

    Telkom Semarang(Smg) Asu:Anjing
    Aku pengguna telkomnet+Telepon rumah di Semarang selaku korban ulah oknum pegawai Telkom Smg.Baru2xIni Aku tanya pada 108,operator Telkom soal reduksi Telkomnet & jawabnya dgn sok tahu bahwa akan diperpan jang khususnya CJY.net s/d tdk terhingga tapi saat kutanya pada pegawai Telkom lainnya,menjawab:Akh,tidak ada perpanjangan redu
    ksi WeekEnd.Langsung ku katain Mereka:dasar tidak ada koordinasi,tidak Profesional.Emang mereka Asu.
    Inbox Emailku ditelkomnet ini sering dkirimi Email dari WNA di LuarNegeri yg tak kukenal berarti Tel kom sudah mengobyekkan,ngobaral Add Emailnya ke Luar Negeri demi duit Valas.
    Bahkan lebih bangsatnya lagi akhir2x ini tagihan telepon dirumah ku melonjak pada kolom Nasional& Lokal nya(pada rekening birunya Telkom Asu)hingga terakumulasi ratusan ribu padahal setiap kali kami semua akses Internet s/d Interlokal lebih sering gunakan HP(tidak terkoneksi ke No.Telp rumah).Telp.rumah ku sudah jadi telpun tidur=hanya bayar abonemen harusnya tapi lancangnya si setan
    Telkom(pegawainya yg bermental Korup)malah catut
    sadap telepon kami agar bayari Pulsa Mereka.Baji
    ngan,Asu Telkom saat kami laporkan ke Jl.Pahlawan Smg(kantor pengaduannya)ternyata Mereka Feodal,gi
    la hormat malah memeras kami dgn nyuruh kami cabut Telepon atau buat pengaduan tertulis tapi harus bayar Rp.100.000,-akhirnya kami batalkan aja lalu karena tidak mau dibikin stres lagi oleh ulah Tel kom terkutuk ini maka terpaksa rumah dikostkan.
    Sumpah mati demi Allah SWT ini keluhan nyataku bukan fitnah malah Aku sempat terpikir akan ngadu pada pimpinan telkom bila kelak kenalinya atau sekalian aja SBY andai kelak Aku bisa akrabi SBY yg SuperCare.
    Aku sangat setuju pada komentar kalian yg anti Telkom malah sempat terpikir andai kita mampu sebaiknya sama2x kita patungan buat PT.Teleko munikasi baru saingan Telkom yg lebih hebat,murah
    ,mulia & bermutu tapi Sialnya UUD 45 kita & Pera turan Pemerintah selalu Pro telkom yg karbit tel kom sbg raja komunikasi telpun rumah dll.

  17. SARJANA_ST berkata:

    di kota banjarmasin IM2(indosat) kecepatan up&down terdepan dan segi pelayanan no.1 di banding dengan speedy(speed sedikit) #:-S pelayanan ancur,,,,, telat satu hari bayar langsung aborsi =)),,, setan dah tu telkom……!

  18. uBay berkata:

    hiks, aq pengguna speedy …. tapi ya gitu itu yang namanya speedy, namanya aja yang speedy tapi leletnya minta ampun, palagi klo jam2 kantor . wuhhh cwapek deh

  19. yuga berkata:

    yoo yang jualan mohon Objektif duju dong masak mo jualan ga hormati pesaing klo gt jasa yg ditawarkan jg ga menarik Hiks

  20. willy berkata:

    wah beda ama ane….. selama 3 tahun ane jADi teknisi lab. speedy ga ada masalah,speedy kami share dengan 42 unit clien,no problem…itsss oke.bukannya mempromosikan speedy,walaupun ada masalah cuma di jaringan telpon yang ditumpangi sama speedy nya….

  21. Teguh berkata:

    Pak Guru Deni yg kasep tea…. sy qoute : ” (sampai saat ini-pun saya masih bingung apa yang membuat akses bandwith pada waktu itu menjadi lambat padahal langsung di ambil dari satelit-nya, sampai-sampai dibantu dengan menggunakan repeater-pun kecepatannya hanya bertambah sedikit).”
    Gak usah bingung boss…, delay satelit itu minimal 500 ms utk satu hop. Let see misalkan gateway-nya ISAT di Daan Mogot-Jkt..artinya ada dua hop yg harus dilewati dr VSAT (very small aperture terminal) itu yg ente bilang parabola yg nangkring diatas mobil-nya IM2 ke satelit ISAT hasil jarahan dr TLKM ke gateway Daan Mogot jg yg juga tanah hasil jarahan equal to 1000-an miliseconds.
    Yah lain kali agak lebih cerdas sedikit-lah klo mau bikin komparasi ;P

  22. sobrie berkata:

    Dasar telkom buat peraturan itu apa sih, mana adil telpon byarpet2 kadangkala samp2-3 hari mati, setiap mengadu di bilang nanti diperbaiki oleh petugas, nyatanya tdk ada respon. Abonemen jalan teruuuuuus padahal jarang pakai. ini adil?
    pernah tak sumpahin kabel tak colok kelistrik karena jengkel suara kemresek tdk dengar orang bicara, baru di datengin 2 petugas itupun tidak berhasil apa2………..
    gimana telkom….aku susah payah cari duait utk pasang…bayangkan harus bayar 2.25 juta utk saluran telpon. HUHHHH aSIAL BANGET.

  23. de berkata:

    😮
    #:-s

  24. Benny Desto Setiawan berkata:

    TJILALOENG RT RW Net menawarkan koneksi internet unlimited non stop.

    40 kbps, Rp 150 ribu perbulan UNLIMITE, browsing, downloading, chatting, game online 24 jam sehari 365 hari setahun NON STOP !

    IIX dan International

    (test dengan sijiwae/speedtest atau speedtest.net)

    Koneksi menggunakan wireless, biaya Rp 650 ribu termasuk radio, kabel, instalasi, koneksi dan administrasi. Alat menjadi milik pemakai dengan garansi 1 tahun.

    Area pelayanan : Ciputat, Pamulang, Bintaro, Parung, BSD, Pondok Aren, Pondok Ranji dan Cileduk

    Support tekhnis 24 jam, 7 hari seminggu.

    Drop discount dihitung prorata (apabila kerusakan pada system TJILALOENG, bukan pada POP TJILALOENG maupun system milik pelanggan)

    Hubungi 021-70030072 / 081319837772
    email bennydestosetiawan@yahoo.com

  25. DIDIT OYI berkata:

    Wuuooyyy-wuooyyy….pada rame neh.siiiipplah indonesia akan semakin maju klo gtu.Yang jelas yang namanya Mas Telkom itu udah dari dulu di kenal Si Raja Tega….tapi sepengetahuan saya dan menurut analisa mbah dukun saya bahwa Si Telkom itu tdk akan bersaing dengan Para kompetitor Swasta(sprt Indosat,dll) dan kyknya mmg tidak dirancang utk itu,klo dia Si Telkom mau bersaing dg Swasta yg pasti para bos-bos pengusaha swasta akan muring2,miso2,ngamuk2….jd pd akhirnya Si mbah Telkom itu asal2an ngasih pelayanan,BUMN boo’.kyknya gtu mnrt gue…..SWASTA akan memberikan layanan terbaiknya,so pasti jeee….soale dia kalah START ma Telkom.utk IndosatM2 yg murah skrg mmg udah tersedia,tp itu pake Vsat Ku-Band bukan C-band,Paket 1 Ku-band 1,7jt/bln(include sewa alat Ku-band tiap bulan)…Paket 2 850rb/bln(tp Ku-bandnya hrs beli dg hrg 20jt)….utk speed 512Kbps Non SLA sama kyk SPEEDY.jd tdk ada jaminan batas koneksi.Mgkn itu yg perlu di pahami bagi rekan2 skalian.Makanya sblm beli ya baca dulu ketentuannya….hehehe.Cayoo Internet Indonesia.

  26. 301276 berkata:

    Telkom flexi bukan telepon biasa,makanya hanya juga luar biasa troublenya…wah..wah..

  27. chintya berkata:

    artikel ttg modem 3.5G juga tolong dibuatin mas? kebetulan saya ker di im2 hehe.. terimakasih 😀

  28. chintya berkata:

    Indosat Mega Media menawarkan koneksi internet broadband BEBAS ONLINE dimana saja.. Anytime Anywhere..

    Dengan USIM HSPDA Card 3.6 Mbps
    Perangkat MOBILE Modem 3.5G Huawei Rp.2.500.000,- FREE untuk 500 Pelanggan Pertama.

    Syarat :
    Sanggup Berlangganan selama 18 bulan, ONLY Rp 350 ribu perbulan, sistem VOLUME BASED 1.2 GB
    Alat menjadi milik pemakai dengan garansi 1 tahun.

    Tidak dikejar waktu.. Bayar sesuai Volume Pemakaian.. untuk tambahan biaya Rp.0,35 / Kb

    International

    (test dengan sijiwae/speedtest atau speedtest.net)

    Koneksi menggunakan wireless, USIM HSPDA Card 3.6 Mbps dan Perangkat Modem 3.5G Huawei Rp.2.500.000,- FREE untuk 500 Pelanggan Pertama SLOT USB.

    Kantor : Jl. Anggajaya 3 No.33 Condong Catur Yogyakarta

    Hubungi Ms. Chintya 0274-3200759 / 0816866185
    email chintyapdh@hotmail.com

  29. DarkMegaman berkata:

    Tes.. Tes..

    Selamat siang & Salam kenal dari DarkMegaman

    Hmm.. Soal Internetan di Indonesia saya nggak bisa bilang banyak.. Soalnya masih pelajar SMA..

    Tapi, coba anda cek [http://www.firstmedia.com] Teman SMA saya merekomendasikan hal ini ketika saya sedang kesal karena tagihan Speedy membengkak hanya karena main game online.. XP

    Saya melihat program ini sebagai program Internet termurah yang ada di Indonesia. Sebab biaya per-bulannya (dengan 384 kbps & UNLIMITED DATA ACCESS!!!) hanya sebesar Rp. 99.000,00 saja. Selebihnya bisa anda lihat di website tertulis diatas.

    Awalnya saya sempat tidak percaya, tetapi setelah mendengar cerita teman saya yang menggunakan hal tersebut sebagai provider Internet-nya, saya jadi tertarik untuk mencoba.

    Yaa.. ini hanya sekedar informasi dari seseorang yang mungkin namanya tidak akan dikenal di dunia per-Internetan di Indonesia..

    Silakan dicoba!!!

    Regards

    DarkMegaman

  30. greenrangers berkata:

    namanya aja TELKOMNET INSTANT…INSTANT JUGA KESEPATANNYA…ALIAS KESEPATANNYA CUMA SEBENTAR,,,ABIS ITU LELET…LELET DUMBO…PECEL LELET..LELET IJO BAU…HEHEHEHE

  31. hendri berkata:

    telkom.memang paling …ngehek..tagihannya bisa membikin hek.hek.

  32. azam berkata:

    anda pengen dapet ratusan e-book dan r4atusan software kunjungi http://www.masterpaketdownload.com/?id=azam

  33. azam berkata:

    anda pengen dapet ratusan e-book dan r4atusan software http://www.masterpaketdownload.com/?id=azam

  34. azam berkata:

    dapetin ratusan e-book dan r4atusan software kunjungi http://www.masterpaketdownload.com/?id=azam

  35. sidney berkata:

    yg namanya Speedy tetep aja mental BUMN….kualitas dan pelayanan nomor akhir..tagihan bulanan yg pertama

  36. andy syahidin berkata:

    Saya sedang mencari provider internet yang murah dan cepat selain speedy, karena dari beberapa teman speedy agak mengecewakan.
    Mungkin ada yang bisa bantu?
    Trimakasih sebelumnya.

    Salam,
    http://www.andynasis.com

  37. Komentator berkata:

    Wah parah deh Telkom mah… bertahun2 g tungguin tarif internet murah tapi nyatanya…NULL…Sampai saat ini g masih pake telkomnet instan, ini juga karena terpaksa. Blakangan sih g mau pake speedy tapi g pertimbangin lagi gak usah lah klo pelayanannya buruk… Lagi tunggu fastnet masuk ke wilayah g..
    Moga2 sih pihak telkom sadar ya… Jangan cuma bisanya memperdaya.

    Kenapa sih negara ini tuh orang2nya pinter2 sebenarya, tapi kenapa gk berkualitas dalam pekerjaannya. Contohnya ya ini telkom. Gak terkoordinasi kerjanya… Manajemennya bagaimana coba.. Apa yang salah ya didalamnya…

    Harapan g smoga gk kayak gini lgi lah… malu ma negara lain…gak profesional.

  38. bayupatriatmanto berkata:

    kalo internet sy pake speedy pak,utk yg pake firstmedia jgn langsung percaya,sebab itu upload & download di share (jadi lelet juga),kalo indosat wuih dari dulu mahal,selama pake speedy pelayanannya ok kok di sby

  39. rivalaja berkata:

    wah klo saya tuch pake DIGINET

    internet wireless provider
    kec 512 kbps, tapi di share ke 10 pelanggan teregister, but saya sering dapet 120 kbps

    biaya cuman 200rb/month exclude TAX(10% of tax)
    itung sendiri ya

    wah selama ini saya cukup puas dengan layanannya klo pada mau liat kunjungin website di http://www.digi.net.id

    daripada pake speedy kantong selalu abis di rogoh telkom yg lebih mementingkan bayran daripada pelayanan

    saya punya pengalaman dgn speedy, saya mau berlangganan tepatnya tanggal 4 desember 2007 tapi smp skrg belum dihubungi saya telp bilangnya selalu sama linenya sedang dibangun, selalu begitu, bosen saya nungguin line yang belum jelas, apakh sudah di bangun atw masih tidur tuch line nya

    akhirnya saya memutuskan pake Diginet, because firstmedia corporation belum masuk jaringannya ke rumah saya, padahal ada tuh jaringannya 300 meter dari rumah saya, tapi dia tidak mau, firstmedia mau memasangkan asalkan ad 10 pelanggan di situ, capek dech nyari 10 orang yg mau, eh malah sekarang jaringannya udah diputus, sialan tuch firstmedia, mentang2 laku, pelanngan yg tak tercover di acuhkan,#-o

    untuk indosat saya hanya bisa komentar MAHAL BANGET, klo pelayanan mah kyknya sama ama telkom tapi lebih bagus dikit indosat

    Kapan Indonesia mau maju klo Internet nya masih mahal

  40. rival aja berkata:

    wah klo saya tuch pake DIGINET

    internet wireless provider
    kec 512 kbps, tapi di share ke 10 pelanggan teregister, but saya sering dapet 120 kbps

    biaya cuman 200rb/month exclude TAX(10% of tax)
    itung sendiri ya

    wah selama ini saya cukup puas dengan layanannya klo pada mau liat kunjungin website di http://www.digi.net.id

    daripada pake speedy kantong selalu abis di rogoh telkom yg lebih mementingkan bayran daripada pelayanan

    saya punya pengalaman dgn speedy, saya mau berlangganan tepatnya tanggal 4 desember 2007 tapi smp skrg belum dihubungi saya telp bilangnya selalu sama linenya sedang dibangun, selalu begitu, bosen saya nungguin line yang belum jelas, apakh sudah di bangun atw masih tidur tuch line nya

    akhirnya saya memutuskan pake Diginet, because firstmedia corporation belum masuk jaringannya ke rumah saya, padahal ada tuh jaringannya 300 meter dari rumah saya, tapi dia tidak mau, firstmedia mau memasangkan asalkan ad 10 pelanggan di situ, capek dech nyari 10 orang yg mau, eh malah sekarang jaringannya udah diputus, sialan tuch firstmedia, mentang2 laku, pelanngan yg tak tercover di acuhkan,#-o

    untuk indosat saya hanya bisa komentar MAHAL BANGET, klo pelayanan mah kyknya sama ama telkom tapi lebih bagus dikit indosat

    KAPAN INDONESIA MAU MAJU KALO INTERNET AJA MAHAL

    CAH…YO… INETRNET INDONESIA MURAH

    Pak SBY tolong murahkan internet di Indonesia

  41. luwing berkata:

    speedy emang mboseni, di sekolahku emang unlimited tapi akhir-akhir ini sering putus nyambung, malah beberapa hari yang lalu gak bisa buat ngakses yahoo dsb. padahal guru-guruku pengen dho ngeSAS ben ndang rampung. Anehnya pas time out takpancing dengan pswt telp gelem nyambung meneh. Speedy lancar-lancar putus alias mboseni

  42. Agung.Adhitia berkata:

    Kayaknya semua pakai komputer ngenetnya.Pc saya nganggur nggak isa ngenet.Masalahnya bingung mau dinetkan pakai apa providernya.Kalau ada yang punya pengalaman masalah jaringan internet murah,meriah,cepet nggak bikin mulat-mulet.?Tolong saya dikabari.Saya di Kendal Semarang.Selama ini saya pakai im3 nokia 6600 opera mini.Wah siiiip alias pass, enak, murah.Lancar,cuepet loudingannya.Masch Rp1/kb.Asik.Tapi jika saya handlkan ke pcku tercinta rp25rb /2jam loudess.

  43. Jeffry berkata:

    Internet murah untuk rumahan. Time Base 85 ribu untuk 35 Jam(Aktif 45 hari), 190 ribu untuk 95 jam(Aktif 3 bulan), 330 ribu untuk 180 jam(aktif 6 bulan). Daripada ke warnet…. Chip GSM, Modem pake HP, bisa dipake diseluruh Indonesia. Kalo pulsa habis, tinggal isi ulang. Klik http://toserba.indo.cc

  44. Luqie berkata:

    >>yg namanya Speedy tetep aja mental BUMN….kualitas dan pelayanan nomor akhir..tagihan bulanan yg pertama<<
    Hehehe… 350 tahun emang bisa dibayar dengan 63 tahun?. Orang dah dicekokin ngejilat, nyolong klo gak ada tuannya tapi tunduk patuh didepan tuannya. Gak punya komitmen, ngomong plintat-plintut… pokoke lengkap sudah atribut ciri-ciri yang susah hidup. Jangan harap ada kata “FREEDOM” klo keimanan kita masih setai kuku. Indonesia merdeka karena pemudanya… betul tidak?. Pemuda Indonesia dulu berperang melawan peluru pakai bambu. Nah harusnya kan bisa dipikir. Sekarang ini perang melawan apaaaaaaa??? Industri? Teknologi? Ekonomi? Masa merengek sih! Sadar enggak sih kita sedang dijajah!! Kalau kita berjiwa patriot dan Indonesia adalah tanah airku bangun dong sebagai pemuda indonesia. ITB UNPAD punya, IPB ada, ITS bertengger, USU dan lain-lain…Pada kemana lulus kuliah? Kita lulusan otomotif, tunjukin dong bahwa kita lulusan otomotif bukan mencari perusahaan otomotif dan ngejek yang lainnya. Mari gotong-royong membangun Indonesia dengan ilmu yang dianugerahkan kpd kita.

  45. david berkata:

    kalo menurutku lom ada internet yang murah dan bagus di Indo untuk saat ini.
    Ada yang lumayah tuch Telkomflash. Tapi ga tau sampai kapan bertahannya.
    Kalo aku sich pake Speedy.

  46. buseddd berkata:

    aq pake indosat 3.5g bos.. hehe.. bagus kok di daerah aq.. stabilny sering daripada bengongnya. . aq si gk rugi.. hehe

  47. jenal mustopa berkata:

    bang gw mau bikin warnet pake paket yang mana ya n berapa per bulan ya,..?

  48. Prisma berkata:

    Ha ha ha..
    harga tetap menentukan kualitasnya..

    harga mahal pasti dapat kualitas dan pelayanan yang setara dengan harga yang dikeluarkan..
    nah sekarang tinggal pilih aja..
    mau mahal tapi gak dibikin pusing, ato murah tapi bikin kepala pusing?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s