ICT CENTER – JAKARTA PUSAT

Sudah lama saya menginginkan agar di sekolah tempat saya mengajar dapat menjadi ICT CENTER-nya Jakarta Pusat, beberapa usaha pendekatan pada rekan-rekan yang tempatnya sudah menjadi ICT CENTER telah dilakukan (hasilnya nihil hanya sebatas hanya dapat informasi bocoran bahwa akan ada ICT CENTER di lima walayah Kota Madya), lobby-lobby kepada pejabat dilingkungan dinas juga sudah dilakukan (hasilnya juga masih nihil karena sang pejabat dinas hanya sebagai penunjuk saja), kirim email langsung kepada sang pejabat penentu-pun sudah (tidak pernah dibalas).

deni-triwardana-ict-center3.JPGTernyata Sang Penentu itu Yang Maha Kuasa, saya akhirnya sadar Sang Maha Pemberi memberikan apa yang kita inginkan, dengan mengkondisikan lebih dahulu kesiapan si penerima pemberianNya. Secara intuitif memang saya sudah melakukan apa yang harus disiapkan oleh sekolah sebelum menjadi ICT CENTER-nya Jakarta Pusat. Mulai dari membangun jaringan LAN mulai di dari ruang praktek komputer sampai ke seluruh ruangan penting di sekolah (Ruang Multi Media, Ruang Guru, Perpustakaan, Ruang Tata Usaha, sampai ke Ruang Kepala Sekolah terhubung dalam satu jaringan), membangun hot spot Wifi area di sekolah ( spesial di ruang kepala sekolah disediakan untuk tamu yang membawa laptop ber-wifi bisa berinternet langsung). Membentuk Tim IT sekolah (yang mewakili dari semua unsur di sekolah), yang dipersiapkan untuk memberikan pencerahan tentang Information and Communication Technology pada lingkungan regional Jakarta Pusat dengan anggota tim yang berjumlah 10 orang.


Alhamdulillah Akhir bulan Desember 2006 kemarin melalui sms dan telpon saya dihubungi oleh seorang rekan yang tidak pernah saya lobby sebelumnya ternyata dapat merekomendasikan saya untuk mendapatkan proyek ICT CENTER JAKARTA PUSAT, malam itu juga saya hubungi kepala sekolah meminta kesediaannya, tentu saja beliau setuju banget. Melalui suatu rapat koordinasi dengan sang pemberi rekomendasi dan rekan-rekan calon penerima ICT CENTER di wilayah kota madya masing-masing kami diberikan contoh proposal (Terima Kasih Kepada Rekan Adel Bahrum ICT CENTER Jakarta Timur atas rekomendasinya).

Untuk menyelesaikan secara cepat pembuatan proposal permohonan Contoh proposal dicopy sebanyak anggota Tim IT Sekolah, tiap angota mengerjakan tiap bagian dari contoh proposal, sehingga proposal permohonan untuk menjadi ICT CENTER selesai dalam waktu setengah hari, dengan melewati hujan badai dan banjir akhirnya proposal yang saya bawa sampai juga di lantai 13 gedung E Depdiknas lantai spesial Direktoran PSMK Depdiknas RI.

Setelah dibaca oleh pejabat yang berwenang dikeluarkanlah MOU antara Bapak Direktur PSMK dengan Kepala Sekolah yang berkenaan dengan ICT CENTER ini. Sampai disini saya sudah cukup bahagia karena sudah mendapat surat MOU.

Sekarang pada waktu tulisan ini dibuat kami sudah membeli perangkat antena dan membangun tower untuk BTS ICT CENTER di wilayah Jakarta Pusat.

Pengalaman yang saya dapat dari kejadian ini adalah bersabar dengan dengan pemberiaanNya yakinlah Sang Maha Pemberi akan memberikan apa yang kita minta setelah kita dikondisikanNya dapat menerima pemberianNya.

Gimana ?

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Opini, Pengalaman. Tandai permalink.

32 Balasan ke ICT CENTER – JAKARTA PUSAT

  1. Helgeduelbek berkata:

    Selamat pak? BTW biasanya bisa nyisihkan sedikit uang untuk memenuhi keinginan sekolah yang selama ini belum terpenuhi. Kalau temen saya mungkin bisa sedikit masuk saku. heheheh. tapi kontrol di Pusat lebih kuat yah.

  2. Deni Triwardana berkata:

    Terima Kasih Pak Urip, Sampai saat ini tidak terpikirkan profitnya, yang jelas ada komitmen sebagai pencerah tentang Information & Communication Technology bagi lingkungan sekitar, gitu lho Pak.

  3. dedidwitagama berkata:

    bravo … keep moving …🙂

  4. Kang Kombor berkata:

    Selamat Pak. Saya turut gembira keinginan Pak Deni menjadikan sekolahnya sebagai ICT Center Jakarta Pusat bisa diwujudkan.

  5. Ki. Ruky Dwinarputra berkata:

    waduh …. cakep dah,
    saya dukung SMK Tamansiswa 1 Jakarta
    BRAVO

  6. safri kamaruddin berkata:

    Sy memohon dikirimi contoh proposal utk permintaan proyek ICT pd sekolah kami.

  7. kitasatu berkata:

    Wah,kelihatannya bapak semangat sekali dalam memperjuangkan impian bapak. seandainya semua pengurus ict di daerah2 sama seperti bapak–bersemangat dan berkomitmen–pasti proyek ict akan berhasil dengan suksesnya. kok proyek ict di daerahku agak lesu ya,saya selaku mahasiswa godokan ict ini jadi agak sedih juga.yah,semoga ini hanya sementara saja.setelah ini dan seterusnya semoga ict semakin bergairah.BRAVO…ICT

  8. asep berkata:

    Oya pak,saya ingin bertanya.gimana caranya agar blog kita tertampil di halaman utama wordpress.com sebagai “tulisan-tulisan terhangat hari ini”?

    @ASEP : Postingannya harus bagus dong dan tentunya diminati oleh para pembacanya. gitu kang…

  9. Alumni SMK 3 (Rohis) berkata:

    Saya dukung pak, atas usaha dan kerja kerasnya untuk menjadikan sekolah kita sebagai ICT Centre untuk di jakpus. Jangan sampaia kalah sama ICt ini sudah diterapkan juga si SMKN 6 Jak-sel.
    Tapi saya acungkan jempol buat pak Deni, Thank,s.
    giman,jkt

  10. jawawi berkata:

    Alkhamdulillah saya ikut senang dengan begitu ICT benar2 dapat menjadi sarana untuk kemajuan bangsa ini terutama tentang IT…
    oya pak bisakah saya belajar kepada bapak membuat ICT seperti yang bapak paparkan? kemana saya harus menghubungi bapak.
    terimakasih
    wassalam

    jawawi

  11. idris berkata:

    Alhamdulillah…
    Semangat….
    bisakah saya belajar membuat ICT Center ?
    kalaulah tidak memberatkan mohon diemail model proposal ICT tersebut.
    Terima kasih

  12. indra berkata:

    congratulation , semoga internet bisa nyampe ke seluruh sekolah di indonesia

  13. ivo christyan berkata:

    Pengalaman Bapak, sama dengan kami ICT-C SMK Karya Dharma Tamiang Layang, penuh perjuangan dari proposal hingga berdirinya BTS karena pengalaman dalam TKJ sangat minim alias nol, syukur sekali banyak rekan2 senior ICT di Kalsel-Kalteng secara ikhlas membantu. Selamat Bapak, semoga ICT Jakpus berjaya selamanya.

  14. salehudin berkata:

    gmana syarat2 untuk menjadi ICT di kampus (STMIK)Bina Bangsa Kendari SULTRA, kalo boleh dikasi contoh proposalnya jg email dan no hp yg dapat dihubngi. terimakasih.

  15. Irawan berkata:

    Saya memohon dikirimi contoh proposal utk proyek pembagunan menara BTS/telekomunikasi

    Tks
    Irawan

  16. ihsan berkata:

    tolong kirim contoh proposal untuk proyek ICT di sekolah…

  17. Adi Widodo berkata:

    mohon kerjasamanya, karena kami ini masih baru mohon bimbingannya. thx

  18. Dian Hendrawan SP. MMA berkata:

    mohon syarat2 untuk menjadi ICT, kalo boleh dikasi contoh proposalnya jg email dan no hp yg dapat dihubngi. terimakasih.

  19. embrious berkata:

    boleh kah saya minta contoh proposalnya utk proyek pembagunan menara BTS/telekomunikasi semoga perjuangan bapak lancar ya…

  20. fircom lahat berkata:

    salam kenal dari fircom lahat sum-sel

  21. mijo berkata:

    Saya memohon dikirimi contoh proposal utk proyek pembagunan jaringan digedung tiga lantai

  22. Ibnu Muhammad berkata:

    Assalamu’alaikum pak, sebelumnya saya ucapkan selamat. gini pak, kemarin saya ditunjuk sebagai ketua ICT di sekolah dasar di kab.Bantul. sekolah kami sudah mempersiapkan, dari pengadaan Lab. Komputer, Jaringan antar komputer, Internet, CCTV untuk keperluan guru model, dan lain sebagainya. Kemudian yang jadi masalah, adalah perawatannya. kami mengalami kesulitan. dan juga masih dibutuhkan beberapa penambahan alat dan beberapa komputer untuk menjadikan sekolah benar-benar berbasis ICT. untuk mewujudkan itu semua kiranya saya harus minta bantuan kemana? kemudian mohon pencerahan, informasi dan sarannya untuk sekolah dasar kami. terimakasih. saya sangat menunggu balasan dari bapak. trimakasih. oya… biasa Online jam brp pak?

  23. Sudirman berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Membaca perjuangan Bpk dalam upaya menjadikan sekolah Bpk sebagai salah satu ICT Center, merupakan pelajaran yang berarti bagi saya khususnya dan sekolah kami (SMK N 1 Pagelaran Cianjur). Kami salah satu sekolah yang jauh di daerah pedalaman selama ini belum bisa merasakan fungsi dan guna dari ICT Center Cianjur, maka dari hasil pembicaran dengan rekan-rekan guru dan Kepala Sekolah kami, akhirnya kami sedang berusaha untuk melobi agar kami bisa mengikuti jejak Bpk.
    Mudah-mudahan, jika Bpk berkenan kami mohon contoh PROPOSAL PERMOHONANNYA sebagai salah satu bahan resumenya (Mohon dikirimin lewat e-mail ya Pak ?), Atas perhatian Bpk saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam.

    Sudirman
    SMKN 1 Pagelaran Cianjur

  24. hasanudin berkata:

    Selamat Pak, mudah2an kesuksesan menyertai bapak dan sekolah. Teruslah berjuang untuk mencerdaskan generasi kita. Karena saya ditugaskan Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat (masih baru lho pak daerahnya!) untuk membuat ICT Centre di sekolah kami, kalau bapak berkenan, saya mohon bantuan terutama contoh proposal dan prosesnya, Saya titipkan no hp 081321209991 dan email lain : hasan_johar@yahoo.com. Terima kasih.

  25. Daniel R. berkata:

    Pak, saya baru sebulan ditunjuk seb ketua ICT Center di sekolah kami SMK N 1 Bitung, ketua sebelumnya sudah pindah ke DInas Pendidikan, saya masih belum ada pengalaman untuk mengelola ICT Center, TUPOKSI, kiat-kiatnya saya perlu belajar dari Bapak yg keliatan sdh berpengalaman. Kebetulan besok saya mau ke Jkt mendampingi Kepsek ku ikuti Bimtek ICT, sudikah Bapak menerima saya studing di ICT Center yang Bapak kelola. Terima kasih seblumnya.

  26. ahmad berkata:

    terusin pak agar indonesia lebih maju oke……………………?

    walau pun pemerintah ngak pedulși nanti kalok berhasil to mereka peduli sendiri .
    maju terus ict……………………..

  27. mrizal berkata:

    pak boleh nih beljar mohon bantuannya masalahnya di bekasi blom ada nih…minta tolong dibantu gimana buat proposalnya … bisa kirim ke email kami smktitupan@gmail.com

    makasih sebelumnya

    wassalam

    m.rizal

  28. tuti a berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb
    ba’da tahmid wassholawat
    membaca artikel ini merupakan keadaan saya saat ini. kiranya bapak bersedia berbagi informasi, langkah2 untuk membangun sebuah ICT Center di sekolah, terutama proposalnya. Mudah2an bapak berkenan untuk dapat membantu saya dalam penyusunan proposal dan tim IT dan hal-hal lain yang diperlukan dalam membangun ICT Center di sekolah.
    saya mengajar TIK di SMA Negeri Sukabumi
    sebelumnya saya ucapkan Jazakumullohi khoiron katsiro
    Wassalamu’alaikum wr wb

  29. sanda berkata:

    tolong dong bagaimana caranya mendapatkan jaringan ict, saya kepsek disalah satu sma di sulbar

  30. NOVI berkata:

    pak karena sekolahan kami juga termasuk di wilayah pedalaman,kami juga sangat mendambakan adanya ICT di sekolah kami,mohon untuk dikirimi contoh proposal ICT ke email saya Herlisnovianaharnanto@yahoo.com,atas bantuan bapak diucapkan terimakasih

  31. Frans & Mince berkata:

    Salam…
    Bisa minta tlh dikirimkan contoh Proposal ICT Center via Email? Atau kalau mau download, linknya mana yah? Trims sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s