Apakah Anda Sudah Mendapatkannya ?

deni-triwardana-bagikan-igos.jpgGambar di samping saya ambil dari Koran Tempo edisi Selasa, 13 Februaril 2007,

Isi beritanya tentang Kementrian Riset dan Teknologi akan membagikan 20 ribu keping cakram optik atau compact disc berisi perangkat lunak Indonesia Go Open Source (IGOS) 2006. Perangkat lunak ini antara lain dibagikan ke seluruh instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, komunitas open source dan pasantren, (sekolah tidak disebutkan disini !). Pembagian itu untuk memasyarakatkan program IGOS kepada masyarakat.

Di lembaga Pemerintah baru kementrian Riset dan teknologi, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Lembaga Ilmu Pengetahunan Indonesia.

Menurut Direktur IGOS kementrian Riset dan Teknologi Engkos Koswara penyebarluasan perangkat lunak IGOS juga dilakukan melalui kiriman pos, ini dilakukan bagi institusi atau komunitas tertentu yang tidak dapat mengunduh (download) layanan melalui internet, Sejauh ini layanan pos telah diguakan untuk mengirim kebeberapa daerah, seperti Nanggroe Aceh Darussalam dan Riau.

Masih menurut Direktur IGOS kemampuan Kementrian Riset dan Teknologi untuk mengembangkan, menggandakan dan memperkaya isi (content) IGOS masih sangat terbatas. Sebab alokasi dana untuk pengembangan peranti lunak ini hanya Rp. 2 miliar.

Masih menurut Direktur IGOS ada donatur yang bersedia menggandakan sebanyak 1 juta keping, “Jika donasi ini jadi dilaksanakan, program itu akan segera direalisasi sekitar Agustus 2007”.

Sejauh ini kementrian Riset dan Teknologi telah berhasil membuat beberapa content IGOS yang dapat di aplikasikan untuk teknologi tepat guna, pangan dan kesehatan. Tahun ini juga berencana menjalin kerjasama pembuatan content dengan sejumlah departemen untuk keperluan sistem informasi transportasi dan pertahanan.

Untuk mengaplikasikan sistem operasi IGOS, Kementrian Ristek dan Teknologi meyediakan dukungan program pelatihan bagi pelatih training of trainer. Program ini dilaksanakan bagi anggota staff divisi teknologi informasi di departemen-departemen yang belum cukup familiar dengan IGOS 2006.

Tahun ini, kata Engkos Koswara, Kementrian Riset dan Teknologi masih terus memperkaya kebutuhan perangkat lunak penunjang, seperti driver dan aplikasi e-governance.

Semoga Informasi di atas dapat membuka pikiran kita bahwa Kementrian Riset dan Teknologi benar-benar serius kepada OS yang FOSS (Free Open Source Software) untuk dapat digunakan bagi Lembaga-lembaga pemerintah dan juga masyarakata luas. Tapi ada apa dengan Menkominfo ya..? apa tidak tahu kalau Kementrian Riset dan Teknologi sudah sedemikian mengembangkannya dan siap di aplikasikan.

Saya sudah mendapatkan software IGOS 2006 ini baik yang versi live cd maupun installernya, juga sudah mencoba memakainya, mungkin perlu tulisan yang tersendiri kesan memakai IGOS 2006 ini.

Iklan

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi. Tandai permalink.

10 Balasan ke Apakah Anda Sudah Mendapatkannya ?

  1. prayogo berkata:

    Wah enak ya pak dapat programnya. Bapak dapatnya dari instansi atau komunitas.

    Kira-2 masih ada tidak ya, atau bagaimana saya (pribadi) bisa mendapatkannya.

  2. wahyu berkata:

    Belum kebagian kang

  3. Kang Kombor berkata:

    Pak, IGOS ini kan dari Kementerian Ristek ya. Bagaimana dengan KOMINFO? Apa dukungan KOMINFO terhadap program IGOS ini? Apakah IGOS ini tidak baiknya menjadi agenda bersama Ristek dan Kominfo? Atau malah sudah?

  4. helgeduelbek berkata:

    Kalo ada lebih seneng dikirimkan ke saya langsung dari kementeriannya. ngimpi nih…

  5. samosir berkata:

    Alhamdulillah… Tapi saya belum dapet. Gimana cara dapetinnya Pak?

  6. Dani Iswara berkata:

    semoga jg diikuti dgn rilis pemutakhiran yg teratur dan berlanjut.. 😀

  7. Deni Triwardana berkata:

    @Prayogo : Saya mendapatkan IGOS, burn dari rekan sesama guru, Jika Bapak ingin mendapatkannya boleh datang ke SMKN 3 JAKARTA, Jl. Garuda No. 63, Kemayoran, dengan perjanjian dulu biar disiapkan.

    @kangguru : Pada majalah info linux edisi Januari kemarin ada lho Kang.

    @Kang Kombor : Kedua kementrian ini kelihatan jelas belum ada koordinasi yang baik, yang satu mau langsung MOU, yang satu lagi ingin FOSS ( free open source software)

    @Helgeduelbeg : Tanpa diminta sepertinya mustahil dikirimkan Pak.

    @Samosir : Bisa kirim permintaaan ke pengembang IGOSnya Pak.

    @Dani Iswari :Yup Pak Dokter, menurut keterangan dari pengembang akan dilakukan seperti komentar Pak Dokter.

  8. nour berkata:

    Kalau mungkin saya masih punya kesempatan untuk mendapatkan IGOS ini.alamat saya ada di
    a/n. SUTARJONO
    d/a. PONDOK PESANTREN NURUSSALAF
    Kec. Kemiri, Kab. Purworejo, Jawa Tengah 54262

  9. sin berkata:

    Kok sampai saat ini di instansi kami belum menerima kepingan Igos tersebut, seperti apa sih aplikasi igos itu, …….?

  10. ns berkata:

    info lebih jauh mengenai IGOS, terutama
    mengenai IGOS Nusantara 2006 silakan lihat:
    http://igos-nusantara.or.id/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s