6 Langkah Install Ubuntu

Menyamber tulisan Pak Urip (Helgeduelbeg) tentang Linux ternyata mudah dan mempesona berikut ini saya membagi pengalaman menginstall ubuntu dalam enam langkah seperti yang disebutkan Pak Urip (Helgeduelbeg). Walaupun barangkali ada tentang hal ini pada blog atau website yang lain tapi saya ingin membagi pengalaman tentang hal ini.
Ubuntu yang saya gunakan teranyar 6.10 (Edgy Eft). format DVD untuk live dan install artinya setelah terlihat live pada layar tinggal klik install yang tersedia, yang jelas memang perlu mengatur Boot pertama adalah dari CD/DVD agar ubuntu dapat tampil secara live pada layar, saya ambil screen gambar langkah pertamanya sbb. :

deni-triwardana-ubuntu-l1.png

Dilangkah pertama ini kita dapat memilih bahasa yang kita akan pakai pada waktu menginstall, disini saya gunakan Bahasa Indonesia.
Berikutnya kita klik Maju maka kita berada di langkah kedua dengan gambar screennya sbb. :

deni-triwardana-ubuntu-l2.png

Dilangkah kedua ini kita dapat memilih lokasi kota kita berada dan mengatur waktu yang sedang berlangsung saat kita instal, pada langkah kedua ini saya tidak merubah apapun karena pilihan lokasi langsung Jakarta sedang untuk waktu saya tidak rubah karena bisa diatur nanti. Klik Maju saja.
Maka kita berada dilangkah ketiga dengan gambar screennya sbb. :

deni-triwardana-ubuntu-l3.png

Dilangkah ketiga ini kita dapat memilih jenis susunan papan ketik yang sedang kita pakai, pada langkah ini juga saya tidak memilih apapun pada kotak pilihan karena menurut saya keyboard atau papan ketik yang saya gunakan adalah standard, jadi pada langkah ketiga ini saya hanya klik Maju.
Sehingga kita berada pada langkah yang keempat dengan gambar screennya sbb. :

deni-triwardana-ubuntu-l4.png

Pada langkah keempat ini kita wajib memasukan nama kita sebagai pemakai, saya pakai nama sekolah tempat saya mengajar karena memang saya sedang meng-install ubuntu di komputer milik sekolah, kemudian pada kotak yang kedua kita harus memasukan nama login kita semacam userid begitu, pada kotak yang ketiga ada dua kotak, kedua kotak ini harus kita masukan password untuk login keduanya harus diisi sama persis jangan berbeda sesuai dengan keterangan dibawahnya, nah… pada kotak keempat kotak terakhir kita bisa memasukan nama komputer yang sedang kita install agar nanti pada waktu terhubung jaringan nama komputer kita tampak seperti apa yang kita berikan disini. Setelah itu klik Maju.
Dan Sekarang kita berada pada langkah yang kelima dengan gambar screenya sbb. :

deni-triwardana-ubuntu-l5.png

Dilangkah kelima ini kita harus membuat pilihan partisi yang akan dipakai,
Pilihan pertama biarkan ubuntu yang memilihkannya untuk kita dengan menaruh seluruh file install ke ruang yang tersedia pada harddisk yang sedang kita pakai,
Pilihan Kedua Jika kita ingin menghapus seluruh isi harddisk kemudian ubuntu yang akan mengaturnya dengan menguasai pengelolaan manajemen harddisk kita pada penginstalllan ini.
Pilihan Ketiga (yang terakhir), Jika kita melakukannya secara manual, pilihan ini bisa kita pilih jika memang sudah mahir dengan menggunakan software yang disediakan yaitu qparted.
Saran saya pilih saja pilihan pertama biarkan Ubuntu memilihkan ruang yang tersisa dari hardisk kita kemudian mengaturnya sedemikian rupa sehingga kita tinggal pakai saja. Saya pilih pilihan pertama kemudian klik Maju.
Sampailah kita pada langkah keenam yaitu langkah terakhir dari enam langkah ini, dengan gambar sbb. :

Wah yang keenam ini file gambarnya lupa saya capture ! mungkin saya akan lanjutkan nanti. Yang pasti dilangkah yang terakhir ini kita diberitahukan pilihan bootnya grub lalu klik Selesai.
Akan terlihat pada layar garis prosentase penyelesaian install oleh ubuntu yang sedang menyalin file-filenya ke hardisk kita, Setelah selesai maka akan restart jangan lupa cd/dvd ubuntunya dikeluarkan lebih dahulu agar tidak boot dari cd/dvd live kemabali sehingga boot akan langsung dari hardisk.
Saya kira uraian di atas ini cukuplah sebagai panduan 6 Langkah Install Ubuntu, semoga bermanfaat.
Jika langkah-langkah di atas ini menurut Anda masih ada kekurangan silahkan ditambahkan dan disempurnakan.

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Pengalaman. Tandai permalink.

52 Balasan ke 6 Langkah Install Ubuntu

  1. kangguru berkata:

    Just Click & run ya…. enak banget kayaknya, aku udah coba pake ubunutu namun dirasa berat di komputerku yang lemot

    Pak Wahyu bisa mencoba distro yang ringan saja seperti PCLinux, atau Simply Mepis

  2. helgeduelbek berkata:

    Siiip dah… saling melengkapi… tulisan seperti ini mungkin yang perlu sering di munculkan pak, mengabarkan linux memang mudah… Terus berbagi demi kemajuan bersama. Pak Deni pasti banyak malang melintang, dintunggu tutorial berikutnya, saya yakin sangat bermanfaat buat pemula.

    Pak Urip, Kita saling membagi khan… saya berusaha seoptimal mungkin untuk itu, saya kira kita harus bersama-sama Pak saling mengisi dan saling membagi

  3. prayogo berkata:

    Kalau membaca tulisan di atas rasanya kok mudah sekali ya. Sebelumnya saya membayangkan bahwa install linux itu ribet dan ngejelimet, ternyata tidak juga.

    Pak Deni, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk install linux ubuntu? selama windows tdk? karena buat saya install windows sangat lama.

    Kemudian apakah setelah selesai install (spt proses di atas) SO linux ubuntuk kita sudah bisa dipakai? tinggal install program2 yang lain.

    Pak Prayogo : : Beberapa distro ada juga yang ngejelimet Pak, untuk ubuntu cukup seperti di atas, mengenai lamanya relatif Pak, tergantung juga pada hardware juga memory, kecepatan cdrom, atau prosessornya, yang saya rasakan pada komputer saya yang standar lebih cepat dari windows.
    Untuk aplikasi standar sudah tersedia misal office sudah tersedia open office juga beberapa apligasi grafis dan multimedia sudah dalam paket ubuntu, dan tinggal pakai setelah selesai instalasi, gitu Pak.

  4. senyumsehat berkata:

    Waah aku ga ngerti ubuntu pak Denny,
    aku ngerti kalau usus buntu…tapi tutorialnya bagus, suatu saat kalau aku perlu bisa balik kesini lagi…

    Gak apa Bu Dokter, tutorial ini saya posting agar dapat digunakan bagi mereka ingin migrasi dari os. windows ke os. linux, karena di Jakarta khususnya dan Indonesia umumnya sedang heboh sweeping software bajakan.

  5. Dani Iswara berkata:

    plg ngga instalasi generasi linux sdh lbh mudah, mungkin di langkah partisinya yg agak hati2..😀

  6. Biho berkata:

    kalo saya mau coba Ubuntu saya harus ngerakit dulu PC nya, halah mau pinter harus modal dulu ya .. heh he soalnya selama ini saya pake laptop gratisan milik perusahaan🙂

  7. samosir berkata:

    Berguna nih, buat yang punya komputer cepat.

  8. Mulyana berkata:

    Kalo install pada saat booting CD pertama kali bisa ngga ya? Seperti linux yg laen, soalnya Notebook saya Pent III-800 Mhz RAM 128, jadi lambat sekali kalo harus masuk ke modus Xwindow dulu.

  9. didin hasanudin berkata:

    Wah ini sangat bagus ni Pak Deni.!klu perbedaan distro 2 lain dimana pak apakah di kompatibel kebutuhan (jaringan,server,dsb)?

    Trus bgimana klu kit amau bljr server dgn linux apakah cukup klu isntal ubuntu?

  10. dian berkata:

    tolong kalo bisa lanjutin ya k.saya masih kelas 1 smp lagi pingin coba blajar linux.tolong

  11. anri berkata:

    Terima kasih telah berbagi pengalaman dalam menginstall Ubuntu 6.10. Saya sendiri sedang berusaha install Ubuntu 6.10, tetapi pada layar yang muncul adalah ‘video mode not supported, padahal saya telah mencoba dengan menggunakan baik VGA maupun 1028 x 768 x 16. Saya menggunakan monitor LCD Samsung Syncmaster 153v dan graphics card NVidia GeForce2 MX/MX 400. Barangkali Pak Deni bisa membantu saya. Terima kasih.

  12. michael faraday berkata:

    Saya ingin bergabung dalam forum inin.semoga saya diterima dengan baik.
    saya punya masalah menginstall kubuntu.pada saat saya masukin cdnya malah ada tulisan.kebahasa indonesia.tolong instal terlebih dahulu i386 atau berapa gt saya lupa.knp yah? tolong bantuh yah thanks untk smuanya

  13. fdwif berkata:

    gimana pak deny, saya mau coba ubuntu (walaupun saya nggak ngerti apa2 tentang ubuntu). yang mau saya tanya kan gimana dengan printernya. bisa support juga nda untuk driver printernya. saya make printer canon ip 1200

  14. Hendra Hermawan berkata:

    Please help me Pak Deny. Saya sudah install ubuntu, tapi hanya bisa login lewat bash (bukan root). Kasus sebaliknya saya alami waktu menginstal suse, saya hanya bisa login lewat root dan tidak lewat user lainnya. Walaupun usernya sudah saya buatkan.

  15. azzus berkata:

    Mas, aku mau tanya soal error waktu install ubuntu via windows.Saya menginstall pada laptop compaq armada 100s dgn spec 550, 4,7 gb. HD sudah dipartisi menjadi 2 partisi yang terdiri dari 2,7 untuk OS Xp sedangkan sisa nya buat Ubuntu (rencananya sich )
    Saya ikutin stepnya pada : https://help.ubuntu.com/community/Installation/FromWindows

    Setelah saya sudah ikutin semua stepnya ,setelah reboot dari OS xp, ada muncul 2 pilihan yaitu : Microsoft XP Profesional
    Ubuntu

    Nah..saya pilih “Ubuntu” ..tapi kok restart terus ya ? Apakah artikel tersebut stepnya salah atau saya yang salah atau mungkin ada hal lain yang harus dicoba ?. Pls mohon bantuannya untuk pencerahan mas..

  16. Dedi Supriadi berkata:

    Saya coba install, tapi gagal terus. Keluar tulisan sinyal out range! Kenapa ya?

  17. ardi berkata:

    gmn cara uninstall ubuntu yang sudah terinstall krna
    kom saya terlalu berat utk memakainya

  18. maryono berkata:

    saya mau tanya gimana cara install dan setting printer dan scanner dilinux ubuntu 6.10 edgy karena saya belum menemukan caranya mohon bantuannya

  19. joe berkata:

    saya pemula mas..
    pengen install ubuntu, tp saya juga pgn pnya windows..
    kbetulan saya sudah install windows XP sp 3..
    nah bagaimana step by step untuk instal Ubuntu ini tanpa menghapus windows
    makasih banyak sebelumnya

  20. Rusdie berkata:

    saya pemula dan ingin ngorex Linux …..

    Mohon, berbagi tip dan trik untuk instalasi software di OS Linux dunk … kok njlimet yah musti pake perintah perintah $sudo dan teman temannya…. kali aja ada tips dan trik instalasi SW di OS Linux yang klik and run kaya di windows
    Trus kenapa susahnya kalo install Linux sering driver gak kebaca … gimana yah trik nya

    demikian thanks
    rusdie

  21. EDY YULIAWAN berkata:

    O… TERNYATA BEGI tHAT TO MENGINSTAL UBUNTU….
    Coz,,, saya di ajar ubuntu kok sulit nyambung ya…
    gimana caranya agar mudah nyambung..???
    Selama ini pokoknya lho di ajar tak telen saja.

  22. oblonk berkata:

    wah rasanya tertarik untuk beralih ke ubuntu tp kalo untuk sementara di buat dual boot apa tidak bermasalah ? maklum baru mau migrasi

  23. kamta berkata:

    saya pemula mas..
    pengen install ubuntu, tp saya juga pgn pnya windows..
    kbetulan saya sudah install windows XP sp 3..
    nah bagaimana step by step untuk instal Ubuntu ini tanpa menghapus windows
    makasih banyak sebelumnya

    kamta
    PT BORMINDO

  24. kamta berkata:

    saya pemula mas..
    pengen install ubuntu, tp saya juga pgn pnya windows..
    kbetulan saya sudah install windows XP sp 3..
    nah bagaimana step by step untuk instal Ubuntu ini tanpa menghapus windows
    makasih banyak sebelumnya

  25. okta berkata:

    Tolong donk mas kasih tau cara install ubuntu ? coz saya masih awam tentang linux…thanx

  26. khusnul berkata:

    wah saya pingin banget belajar lianux. saya ada server nah saya ingin instal servernya pake linux. kalo saya ingin nginstal server pake linux apa juga semudah itu ya pak……tolong kasih saya step2nya dunk.tyus apa bisa kalo clientnya pake vista

  27. indra berkata:

    Ko kalo mau instal Ubuntu komputer aku tidak bisa?

    Apa spek yang ada dikomputer itu pengaruh?

  28. Pebi berkata:

    Assalamu’alikum Wr Wb.

    Pak, kalo bisa diterangkan cara-cara membangun Server dengan Linux.
    phe_bie26@yahoo.co.id

    Wassalam

  29. Ping balik: Menatap Hari Cerah » Blog Archive » Linux di Laptop Axiooo…. (cuma trik, ga ada penjelasan lebar soalnya lagi males ngetik)

  30. help berkata:

    apakah saya bisa pakai windows XP sekaligus Ubuntu?
    Kl bisa, cara instal begitu yah?
    thanks b4

  31. jamiro berkata:

    den..gw udah install ubuntu, jadi di hardisk gw ada 3 os, xp,win98 n ubuntu yg trakhir.
    setelah install dari awal ubuntuknya dan sukses menjadi os yang terakhir muncul masalah baru nih setelah di pilih os Ubuntu, loading kernel…bla..bla…bla lalu muncul
    ubuntu@ubuntu:~$

    nah diketik apalagi biar langsung aktif ubuntu nya
    ditggu bantuannya ya… tq

  32. Guntur berkata:

    Thank’s banget mas atas tutorialnya, setelah ini mungkin mas dapat membahas tentang pengenalan menu-menu di linux dan fungsinnya mas, thank’s maju terus generasi indonesia

  33. emal berkata:

    kalau connect internet pakai telkomflash bisa di ubuntu ga pak?soalnya kan ada aplikasnya ga kebaca? saya bigung ni. tq before

  34. NytrO berkata:

    pake ubuntu susah g’ ya??
    takutnya..terlanjur install ntar g’ bsa jalaninnya,,,
    hehehehehe

  35. ikcsan bayu aji berkata:

    asalam mualaikum

    pak saya lagi install linux pak gimana caranya??????

    install linux dan sever mhn bantuan iya pak????????????

    ya udah ya pa saya lgi install ubuntu?????????

  36. anwar berkata:

    saya ingin menganti os xp dengan Ubuntu 6.10 (Edgy Eft) tapi saya blm punya inslatasi OS-nya.
    mohon minta alamat untuk download OS Ubuntu 6.10 (Edgy Eft)
    terima kasih

  37. andrewkoesbary berkata:

    kk……. bs terangkn lbh lanjut cara membelah partisi untuk ubuntu 8.10

    Gmn cr nya???? dan gmn memformat partisi ubuntu jika ingin menginstal ulang menjadi microsoft lg!!!! Mohon bimbingannya!!!???

    Andrew Koesbary
    UNSRI

  38. scpt berkata:

    bagusan mana ubuntu dengan produk linuk lainya (debian)

    • kang rpan berkata:

      tergantung kebutuhannya, itu menurut q lho bro… semua distro pny ciri khas masing2, jadi kagak bisa mana yg bagus dan mana yg kurang, semua disesuaikan dengan kebutuhannya, klo menurut q yg paling bagus u/ komputer desktop/personal ya Suse dan Ubuntu…😀

  39. scpt berkata:

    😦 🙂 :-@ :-B

    • dewa berkata:

      wah…….kyake enak bner tu?????pi sayang komterq lola bgt lo pke ubuntu, , , ,anda mngedarkan kasetnya ndak pak????byar saya download.???

  40. kueren berkata:

    emang ubuntu itu sendiri ap se,,,,dari sekian banyak q baca artikel kok gagh nyambung2,,,

  41. Aldo berkata:

    bagus nih pake tutorial nya😀

  42. Retyawanto berkata:

    Kalau saya sih betul-2 GAPTEK, ubuntu itu apa lagi tho? Program atau apa? atau singkatan usus buntu! Yach maklum memang Gaptek koq. Kalau tutorialnya pake video, mungkin lebih enak kali. Yo wis, tolong dijawab ya, kali saya juga bisa

    Wassalam,

  43. rezza berkata:

    izin copas ke blog ku yeeeee

  44. spirit berkata:

    Tanya carax dapat cd ubuntu gratis gmn ya???

  45. Ping balik: INSTALL UBUNTU.. « Andriy 0911511574's Blog

  46. eva^ berkata:

    agk0 mnta teori.na ea…!!!!

  47. sigit berkata:

    aku dah nyoba instal linux tapi kok slalu gagal ya…? mngenai langklah2 nya aku dah ikut petunjuk yg aku download,tapi waktu komputer sdg booting CD nya kok gak kebaca…

Tinggalkan Balasan

