Komentar Orang Pintar…

Dari Acara Workshop Asia Source II di Sukabumi Senin 22 Januari 2007 para orang pintar berkomentar tentang open source di Indonesia.

Onno W. Purbo :
onno-purbo.jpg

Pembelian perangkat lunak berlisensi seperti Microsoft beserta aplikasi office-nya bisa menghabiskan dana 700 dollar AS, Namum penggunaan perangkat lunak berbasis open source seperti Linux hanya membutuhkan biaya Rp. 50.000,- . Jika dihitung dari pengguna komputer dengan perangkat lunak berlisensi pengeluaran warga Indonesia bisa mencapai ratusan miliar.

…………………………

Kusmayanto Kadiman :
deni-triwardana-kk.jpg
“Ini bukan hanya persoalan penghematan, tetapi bagaimana kita bisa menjawab tantangan zaman dengan membuat dan menggunakan aplikasi yang lebih cocok. Selama ini ada mitos bahwa perangkat lunak open source tidak bisa mendatangkan untuk. Saya katakan itu tidak benar ! bahkan bisa mendatangkan untung besar bagi usaha kecil dan menengah, sektor yang bisa dimasuki open source terbuka lebar. Ada sangat banyak peluang mulai dari permainan di telepon seluler, training untuk migrasi, hingga ke pembuatan aplikasi lain. dan saya menolak monopoli perangkat lunak di Indonesia. Dengan adanya penandatanganan MOU antara pemerintah RI dengan Microsoft terlihat adanya usaha untuk menghalang-halangi pihaknya untuk memasyarakatkan perangkat lunak berbasis open source di Indonesia. Sedangkan kendala yang utama adalah sedikitnya SDM walaupun yang sudah ada sudah dapat mensosialisasikan dengan baik.”

Kemal Prihatma :
“Salah satu cara menggencarkan penggunaan perngkata lunak open source adalah dengan meningkatkan komunikasi pengembang jaringan, untuk terus menyosialisasikan perangkat lunak dengan teknologi terbuka. Kelangsungan teknologi terbuka tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan komunitas yang mengaplikasikannya.”

Demikian Komentar Orang Pintar tentang Open Source di Indonesia, bagaimana komentar Anda ?

Iklan

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

9 Balasan ke Komentar Orang Pintar…

  1. helgeduelbek berkata:

    Komentar orang awam tentang Open Source:
    Dengan dalih tidak sanggup bayar licensi, yah sudah kenalkan sejak dini open source itu di sekolah-sekolah dan kampus. Konsekwensinya yah sediakan fasilitas nya.

  2. Deni Triwardana berkata:

    Iya mari kita semarakan os Linux di tempat kita mengajar

  3. Dani Iswara berkata:

    menolak monopoli sistem operasi..tp bukan anti MS 😀

  4. Deni Triwardana berkata:

    Betul Mas, Tapi hari ini sekolah kami dapat tawaran dari MS paket lengkap piranti lunaknya obral besar sampai 70 % Vista starter edition, vista upgrade ms office 2007 standard dengan bonus MS Visual studio, School Information System, Tech IT, Learn IT, Learning essential & shared tool kit wah pokoknya obral deh…

  5. samosir berkata:

    Saya juga gak anti Microsoft.
    Tapi lebih mendukung GNU/Linux.
    Seperti kata S’to (pakar Computer Security), Microsoft dalam hal marketing emang rajanya. Beberapa tahun yang lalu fitur Run As dianggap terobosan. Padahal di Linux dan keluarga *nix lainnya fitur semacam itu (dengan aplikasi “su”) sudah ada sebelum Microsoft membuatnya.

  6. samosir berkata:

    Saat seminar di UGM lalu, mereka juga mendemokan fitur album foto yang seakan melayang-layang melingkar tiga dimensi di “langit desktop”. Mereka akui itu seperti fitur di Mandriva Linux.

  7. Deni Triwardana berkata:

    Yup Betul, sbenarnya dari segi kemampuan gak kalah canggingnya Linux, hanya selama ini kita semua terlena keenakan dengan microsoft.

  8. Dede Rahayu berkata:

    Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi memang perlu terus dipacu untuk mengejar ketertinggalan negara kita dengan negara-negara tetangga di ASEAN. Hal ini dimungkinkan agar Indonesia dapat meningkatkan kualitas pendidikannya pada masa-masa yang akan datang.

  9. Dennis Luqman berkata:

    pengen nanya nih siapa yah yang ngambil uang sekolah saya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s