Simply Mepis yang simpel

deni-triwardana-sm.pngSeperti Rekan yang lain Helgeduelbeg dan W a d e h e l yang sudah menggunakan Ubuntu, saya pun begitu, tapi tidak terpaku begitu saja, beberapa distro sudah saya cicipi, di notebook wearness 1012B yang sekarang saya gunakan sehari-hari lebih dari satu os. linux saya installkan sampai saat ini saya telah sampai ke Simply Mepis 6.01 sebelumnya IGOS Nusantara (seperti layaknya Fedora Core), Fedora Core 6, Open Suse 10.2, Ubuntu, Edubuntu, Madrake yang sekarang jadi Mandriva, PC Linux, BlankOn, Topi Merah, dan masih banyak lagi, semua saya coba dengan menginstalnya di 1 PC Desktop dengan harddisk di partisi sebanyak 3 partisi ext 3 , dengan isi 3 os Linux yang berbeda dan 3 hardisk second (cukup murah untuk uji coba) yang semuanya bisa saya bongkar dan pasang kembali tergantung pada pilihan distro mana yang akan di pakai, di notebook Hitachi (notebook kedua) pun begitu karena tempat hardisknya mudah dibuka ada 2 harddisk mini yang dapat di buka pasang isinya os. Linux juga, Dikomputer-komputer di Lab. Komputer tempat saya mengajarpun saya jadikan dual boot, dengan Os. Linux-nya juga Macam-macam.

Beberapa Linux yang saya cicipi yang di Oprek di Indonesia Seperti: Linux Sehat, Win BI, Pointers Linux, Blank On, Topi Merah, Depdiknux, teakhir IGOS Nusantara cukup membuat saya bangga sebagai anak bangsa melihat hasil oprekan mereka. dan menurut saya sebenarnya hanya kurang sosialisasi saja apalagi untuk dipakai di sekolah-sekolah di Indonesia belum ada keberanian untuk memakai dan mengajarkannya. Padahal Dunia Usaha sudah banyak yang beralih ke Linux demi efesiensi dan penghematan karena untuk jaringan Linux lebih unggul karena racikan asalnya dari Os. UNIX begitu pula untuk proses pengolahan database di Os Linux lebih cepat ( ini menurut almuni sekolah kami yang telah bekerja dan menggunakan os. linux ). Tapi yang membuat lebih unggul bagi perusahaan yang memakai os. Linux adalah penghematan biaya tanpa bayar lisensi, cukup hanya men-training karyawan mengenai bagaimana cara menggunakannnya, apalagi untuk perkantoran open office sudah lebih dari cukup.

Distro yang sedang saya gunakan sekarang adalah Simply Mepis 6.01 cukup simpel tapi padat dan berisi mungkin harus saya ceritakan pengalaman menginstallnya sampai penggunaannya pada tulisan saya berikutnya, yang jelas user friendly dan ringan dipakai tampilannya pun smooth pokoknya benar-benar simple tapi relatif cukup lengkap untuk kebutuhan pemakaian sehari-hari saya sebagai pengajar.

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

6 Balasan ke Simply Mepis yang simpel

  1. helgeduelbek berkata:

    Ok ditunggu tutorialnya pak Deni… saya pernah sih sekedar mencicipinya lewat cd live-nya dulu sewaktu versi berapa yah… dah lupa.

  2. denaredana berkata:

    Salam kenal Pak Deni. Makasih udah mampir. Wah aku ndak ngerti baca potingannya. Gaptek berat nih..

  3. Heri Setiawan berkata:

    saya juga dulu sempet lama make simply mepis, trus lumayan lama juga pake vector linux (anak buahnya slackware)…

    memang simply mepis tu mirip windows, banyak fiture dan aplikasi yang ya..diperlukan seperti pada windows…

  4. Dani Iswara berkata:

    pernah nyoba simply mepis 6.0 (di laptop hp-compaq nx6120) dari majalah infolinux..langsung detect modem internal (jarang bisa pd distro lain..), sayang wifi-nya (kwifi) pake masukin essid manual..
    gimana yg skrg ya..pasti lbh lengkap aplikasinya, lha yg versi sblmnya dgn KDE-nya dah lengkap abis..
    btw dpt cd2 yg dicoba itu drmn aja ya pak..

  5. Deni Triwardana berkata:

    Mas Dani,beberapa cd linux saya dapatkan gratis seperti dari majalah info linux, pelatihan pc linux, dikirimi gratis, burn punya rekan, diberi dari alumni,ada juga yang beli sendiri, semuanya demi untuk diajarkan pada anak didik saya ditempat saya mengajar atau untuk rekan seprofesi yang mau belajar.

  6. bambangmutiarso berkata:

    saya pake Mepis sih mudah installnya cuma waktu mau install printer kok susah amat sih, printer BJC-2100SP udah ter-koneksi dan dah terdaftar didalam tapi kok gak mau keluar juga ya waktu ngeprint……..siap bisa bantu????? hubungi saya di bmutiarso@yahoo.com….atau di 081381288345

Tinggalkan Balasan

