Analisis Kompetensi Guru TIK

deni-triwardana-guru-kompenten.jpg

Dalam Kegiatan menganalisis kompetensi guru yang diadakan oleh Subdis Tendik Dinas Dikmenti Prov. DKI JAKARTA pada hari Selasa tanggal 19 Desember 2006 di PPPG Bahasa Lenteng Agung, Saya bersama Bapak Adi Purwantoro dan rekan-rekan guru TIK dari SMK 26 Jakarta(STM Pembangunan). Mendapatkan tugas untuk menganalisis kompetensi guru TIK, Dari Unsur LPTK hadir 2 Dosen dari Univeristas Negeri Jakarta, satu di antaranya adalah mantan dosen saya di Jurusan Matematika dulu.
Dengan Bekal dari SKKNI (Sertifikasi Keterampilan Kerja Nasional Indonesia), dan dari kegiatan sertifikasi alih fungsi yang di adakan subdis Tendik Dinas Dikmenti Prov. DKI JAKARTA yang di adakan sebelumnya, juga beberapa draft hasil analisis kompetensi guru dari provinsi lain maka dalam satu hari kegiatan hasil kegiatan analisis dapat di tuntaskan, dengan mempresentasikannya di akhir acara yang dihadiri langsung oleh Kasubdis Tendik Dinas Dikmenti Prov. DKI JAKARTA Bapak Rationo.
Hasil ini dapat di tuntaskan dalam satu hari saja karena beberapa hari sebelumnya sudah di matangkan di luar acara ini.
Bagi rekan-rekan yang ingin mendapatkan file presentasi dari hasil kegiatan ini dapat mengunduhnya disini.
Dari Pak Adi Purwantoro saya juga mendapatkan KTSP TKJ, bagi rekan yang ingin mendapatkannya
silahkan mengunduhnya disini. (Mohon maaf kepada Pak Adi ! tanpa seijin beliau saya menyebarkan KTSP Sekolah Anda).
Dan Jika rekan-rekan ingin mendapatkan silabus tentang TIK dapat mengunduhnya disini.

Dari hasil analisis di bagian kompetensi profesional kami menganalisis cukup banyak kompetensi
bagi seorang guru TIK yang menurut kami harus di spesifikkan seperti halnya yang terjadi dari hasil Analisis kompetensi profesional guru otomotif.

Hasilnya adalah sebagai berikut :
1. Untuk Guru TIK KKPI sesuai dengan SKKNI cukup menguasai 18 kompetensi
2. Untuk Guru TIK Multi Media harus mengusai 18 kompetensi KKPI + 5 Kompetensi dasar TIK + 21 Kompetensi MM
3. Untuk Guru TIK Rekayasa Perangkat Lunas harus mengusai 18 kompetensi KKPI + 5 Kompetensi dasar TIK + Kompetensi RPL
4. Untuk Guru TIK Teknik Komputer dan Jaringan harus mengusai 18 kompetensi KKPI + 5 Kompetensi dasar TIK + 21 Kompetensi TKJ

Dan Jika memang ingin disebut guru TIK yang benar-benar guru TIK maka semua kompetensi itu harus dimilikinya.
Pak Adi Purwantoro sendiri mengakui beliau lebih kuat di kompetensi profesional TKJ dari pada MM dan RPL.
Menurut beliau beberapa rekannya pun begitu ada yang lebih kuat kompetensinya di MM dari pada RPL dan TKJ, yang
membuat miris beliau adalah ada beberapa SMK di Jakarta membuka jurusan Multi Media tapi tidak didukung oleh sumber daya yang kompeten di bidangnya bahkan mengambil praktisi dari luar untuk mengajar di sekolahnya.
Saya mengambil kesimpulan dari komentar Pak Adi Purwantoro tentang hal di atas :
1. Perlu diperjelas sebagai guru TIK sebutannya Guru TIK yang mana ? (KKPI, MM, RPL atau TKJ atau ada yang lain lagi ?)
2. Masih langkanya guru TIK MM di sekolah-sekolah di Prov. DKI JAKARTA.

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Pengalaman. Tandai permalink.

61 Balasan ke Analisis Kompetensi Guru TIK

  1. helgeduelbek berkata:

    Makasih udah kebagian yang layak saya lihat. Kalau guru TIK SMA kabarnya gimana pak? Kenal gak dedengkot Guru TIK SMA yg biasa diminta pertimbangan oleh diknas jakarta? Selama ngeblog ini rasanya belum ketemu dengan guru TIK SMA sekelas sampean ini
    Terimakasih.

  2. Deni Triwardana berkata:

    Terima Kasih kembali Pada Pak Urip yang selalu Aktif ngeBlog dan rajin mengunjungi blog saya, pertanyaan PaK Urip sulit saya jawab, terus terang sampai saat ini saya berkonsenterasi pada sekolah menengah kejuruan, pernah juga bersinggungan dengan SMA pada waktu ikut program sertifikasi alih fungsi kemarin, bertemu dengan rekan-rekan dari SMA, maaf lho pak bukan saya gak kenal dengan mereka, tapi mengenai soal TIK di Jakarta sekolah menengah kejuruan lebih terdepan dari SMA, dan acara analisis kompetensi guru tersebut memang di khususkan bagi sekolah menengah kejuruan saja, ada beberapa dokumen mengenai analisis tik sma ditangan saya mungkin akan saya sampaikan lewat japri saja atau pada tulisan berikutnya.

  3. susilawati berkata:

    semenjak ku ngajar di ciledug kok ga pernah dpt info nih dari sesama guru KKPI DKI, sekali-kali dunk bagi info, Trim’s

  4. agus berkata:

    boleh saya dapat ktsp tkj-nya pak? karena linknya kayaknya ndak aktif tuh..
    makasih sebelumnya

  5. nour berkata:

    Saya adalah guru TKJ disuatu SMK Kecil DiJawa Tengah.Kalau ada yang mau berbuat baik dan bisa bantu saya tolong saya dikirimi contoh KTSP/SILABUS TKJ.Atas segala bantuan yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

  6. willly berkata:

    salam kenal pak deni,ane ade kelasnye pak dedi…pak ane minta bantuan tolong ane kirimin rpp + silabus kkpi smk negeri 3 jakarta pak.Ane juga ngajar kkpi + multimedia di smk negeri 19 jakarta.Mohon bantuan dan kerjasamnya pak deni,thanks.Salam buat abang Dedi Dwitagama

  7. toto berkata:

    tolong saya dibantu dalam pencarian ktsp produktf tkj dan modul pembelajaran nya, dari dasar hingga tingkat lanjut…………

  8. aji berkata:

    kalau pengen disebut guru….
    ya harus menguasai materi yang diajarkan,
    termasuk guru TIK
    ya harus menguasai semua hal tentang TIK.

  9. dwi suprianto berkata:

    tolong dong kalau punnya modul terbaru edisi 2007 untuk RPL dan TKJ kami dikirimi ( SMKN 8 Malang Jl. Teluk Pacitan Arjosari Kota Malang Jawa Timur)trim saya tunggu

  10. nurhabibah berkata:

    tolong don bagi2 KTSP TKJ & RPL untuk SMK dan RPPnya yach… kirim via email jika atau cd ke nurhabibah : SMK Muhammadiyah 02 pekanbaru Jl. Kh. Admad dahlan no 90 pekanbaru , biaya akan diganti makasih ya

  11. dhira berkata:

    pak tolong banget kirimin saya contoh RPP dan silabus mengatur perjalanan bisnis pimpinan SMk, tolong banget ya pak. makasih

  12. icha berkata:

    saya butuh contoh RPP ekonomi X

  13. ktspnya ga bisa diunduh pa, link nya kok dihilangkan

  14. Denny S berkata:

    Kalo punya KTSP KKPI, saya tolong dikirimi ya !!!

  15. indah berkata:

    tolong dong bagi2 KTSP RPL untuk SMK dan RPPnya kirim via email
    jika atau cd ke Tanti_if@yahoo.com
    Makasih ya

  16. iqbal berkata:

    saya sangat membutukan rpp tik yang disusun berdasar KTSP
    tolong bantuannya!!!

  17. rida berkata:

    saya mohon bantuannya,saya ngajar di jurusan rpl dan multimedia.saya sangt membutuhkan silabus dan rpp untuk keduanya!trimakasih!

  18. ronald chandra berkata:

    pak…. saya guru tik smp/sma swasta, apakah saya berhak disertifisi kalau saya tidak mempunyai A4? saya sarjana teknik. dan mengajar hampir 4 tahunan.
    tolong saya dibantu dalam penyusunan rpp tik untuk kelas VII dan XI.
    thank’s

  19. taqin berkata:

    tolong contoh rpp PKN dan sosial

  20. Abu berkata:

    pak Deni Wardhana yang terhormat, tolong dikirim RPP dan Silabus Matematika.
    kemarin sudah downlaod tapi ga bisa dibuka di word.tolong pak, ini butuh banget!

  21. Eko komara berkata:

    Pa tolong dong sy butuh RPP PKn SMP kls VII,VIII,IX. Sy prlu bnget untk pmblajaran krna sy gru bru blm bnyk tahu tntang pmbuatannya.tlong krim ke email sy..trm ksh sblumnya

  22. sparxxx berkata:

    assalamualaikum.wr.wb

    pak tolong carikan saya tema atau contoh tentang tugas akhir yang berkaitan dengan teknik komputer dan jaringan.

    wassalamualaikum wr.wb

  23. DIAN AFRIADY berkata:

    THANKS INFONYA …. SY PERLU BANYAK INFO TENTANG KKPI TERUTAMA JURUSAN MULTIMEDIA …. TRUS SPTNYA PERLU DI RANCANG PELATIHAN KHUSUS UNTUK GURU PRODUKTIF JURUSAN TERTENTU SPT MULTIMEDIA…

  24. R. Zebua berkata:

    Tolong donk dibagi silabus dan RPP mata pelajaran TIK untuk SMP dan SMA serta silabus dan RPP untuk mata pelajaran KKPI SMK. Saya sangat mengharapkan bantunya ya.. terimakasih sebelumnya GBU

  25. dani berkata:

    saya minta tolong dikirim rpp tik kelas xi dan xii de email saya.please….saya butuh banget.terima kasih sebelumnya

  26. Ahmad Fauzi berkata:

    Saya guru TIK di SMA dan KKPI di SMK, trus terang aja saya bingung untuk KKPI di SMK, oleh karena itu saya minta tlong dong contoh silabus untuk SMK. dan kapan dari pihak DIKNAS memberikan pelatihan-pelatihan lagi untuk KKPI tentang kurikulum yang baru ini. Terima kasih

    SMK PGRI 1 KEDONDONG LAMPUNG SELATAN

  27. HONEY berkata:

    Tank’s banget atas bantuan panduan rppnya…. n saya sangat tertarik akan presentase yang di hasilkan rekan-rekan seperjuangan, semoga aja presentase yang ada bukan hanya ada di dalam aplikasi tetapi di terapkan benar – benar di realisasikan oleh yang bersangkutan, se x lagi than’s ya bos….

    from mr. three
    jambi city

  28. edi santoso berkata:

    pak deni,tlg saya dikirimi parsel RPP+silabusTIK kelas 8, 9 SMP/MTs yang KBK. mel idul fitri yaa pak

  29. yudi berkata:

    pak eni,,,,
    tolong dong dikirimin RPP+silabus TIK kelas XI,yang KBK,,, ya?????
    makasih atas perhatiannya,,,,

  30. Nurdin berkata:

    Salam Pak Deni… ini saya kebagian TIK di SMP, terima kasih atas berbagi-nya disini. Terus terang kami juga mau berkonsul banyak dengan Pak Deni, soalnya rencana mulai awal tahun ini (berjalan) sedang mempersiapkan pendirian SMK (rencana tahun 2008/2009 dimulai). Saya lihat Bapak menjadi tim konsultan untuk SMK di prop DKI. Mungkin ada situs atau bahan dalam rangka penyusunan program ke depan di SMK yang akan beridri ini yang bisa kami akses? Terima kasih dan mohon bantuannya…

  31. dani berkata:

    pak deni,tlg saya dikirimi parsel RPP+silabusTIK kelas xi dan xii ipa SMA/MA yang KTSP ke email saya. mel idul fitri yaa pak

  32. dani berkata:

    pak deni,tlg saya dikirimi RPP TIK kelas xi dan xii ipa SMA/MA yang KTSP ke email saya.

  33. Sutan berkata:

    Pak kirim RPP TIK untuk SMK kelas 1,2,dan 3 ya… please butuh banget….. kirim ya …. ke alamat e-mail saya

  34. Priyo berkata:

    semua guru tik yg seperti diatas hrs mempunyai 18 x5 = 90 kompetensi bagus.

  35. abdurrachman berkata:

    Pak Deni minta tolong saya kirimi RPP TIK untuk SMA kelas x,xi dan xii sekalian dengan modul (KTSP)ke e-mail saya.

  36. sugi berkata:

    Saya guru TIK smp dan tahun ini saya memegang kelas baru MM pada sebuah SMk di Jakarta.
    saya tertarik dengan informasi anda seperti berikut :
    “Untuk Guru TIK Multi Media harus mengusai 18 kompetensi KKPI + 5 Kompetensi dasar TIK + 21 Kompetensi MM”
    Mohon bantuan agar 18 kompetensi KKPi dan 5 kompetensi dasar TIK serta 21 kompetensi MM dapat anda berikan pada saya. kirimkan ke e-mail saya di sugi_dips@yahoo.com. besar harapan kita dapat berabgai pengalaman bersama. salam sukses
    sugi—jakarta

  37. ridwan berkata:

    pak saya guru tik sma dan smp, tolong pak krmkan rpp tik sma, karena sangat saya perlukan, karena sekolah kami mau akreditasi, jadi semua guru-guru nya harus menyiapkan silabus dan rppnya, trima kasih banyak ya pak atas segala bantuannya.

  38. jurek berkata:

    Pak, Saia guru TIK sma Negeri 5 Kota Sukabumi,….
    Saia baru Taun ini mengajar dan kebetulan saia baru pertama kali mengajar,… Mohon bantuannya saya membutuhkan soal- soal TIK untuk Ujian Semester 1 dan 2 Untuk Kelas X,XI,XII
    Terimakasih Sebelumnya Pak,….
    Kalo Bisa Kirim Via E Mail Saia di zue_zou@plasa.com Bagi Rekan-rekan guru TIK di Indonesia

  39. Hadziq berkata:

    sama dengan yang lain pak Deni aku guru fisika yang disuruh ngajar tik tolong pak kirimi aku perangkatnya

  40. gunsyar berkata:

    saya butuh silabus smk khususnya jurusan TIK terima kasih sebelumnya

  41. egaz130290 berkata:

    Pak deni tolong minta RPP dan silabus TIK kelas x, xi, xii sebelumnya terima kasih dan wass

  42. rita berkata:

    Pak DEni saya sudah lama mencari2 kalau ada RPP TKJ, saya nyasar ke web pak deni. Mohon bantuannya kalau ada RPP TKJ .
    Makasih ya atas bantuannya

  43. indiecalista berkata:

    saya guru TIK di SDN Mangkura III Makassar.
    Terima kasih atas bagi-bagi infonya..
    iya neh, di makassar komunikasi antara guru TIK masih belum terlalu lancar… tapi bersilaturahmi di blog rekan-rekan guru se-indonesia benar-benar menambah wawasan saya…
    sekali lagi makasih pak!

  44. Fauzy berkata:

    Selamat malam pa, saya mau bertanya di mana saya bisa mendapatkan/download RPP Biologi smp kelas VII VII dan IX di internet. Salam kenal ya pa terima kasih banyak

  45. adhiwirawan berkata:

    saya daftar juga, mohon informasinya via email juga boleh

  46. Deni Cendrianto berkata:

    Pak saya guru di kab. bandung barat, kami mau mengadakan seminar pengalihan guru tik untuk sertifikasi. kami butuh contoh-contoh surat keputusan (SK) proposal kegiatan, dll. bisa bantu saya?

  47. gunawan berkata:

    aku ngajar tik di daerah yang belum terjangkau internet. sehingga aku hanya ngajar yeorinya saja. tolong dong solusinya gimana !

  48. adib berkata:

    saya saat ini sedang magang saya diberi tugas oleh suatu perusahaan.
    padahal disekolah saya belum diajarkan masalah tersebut.
    masalah saya yaitu membaca file excel ke visul basic. tolong bantu saya untuk cara ngelink(membaca file excel ke visual basic)

  49. agus mj berkata:

    Pak, lha kalo untuk guru madrasah yang nggak berbasis TIk apa ya bisa ngajar TIK? padahal mereka juga wajib ngajar TIK lho….

  50. adib berkata:

    tolong bagi donk KTSP RPlnya ke SMK Negeri Gantar.kirimnya melalui E-mail ja (smk_negeri_satu_gantar@yahoo.co.id)
    dan aq minta tolong kirimin komponen isam ke e-mail aq.
    ok.
    Trim’s

  51. saukani berkata:

    Pak, saya adalah guru baru TIK di MTsN Muara Jawa Kab. Kutai Kartanegara Kalimantan Timur ,… Mohon bantuannya saya membutuhkan RPP dan Silabus TIK untuk tahun pel.2008/2009 soal- soal TIK untuk Ujian Semester 1 dan 2 Untuk Kelas VII,VIII,IX
    Terimakasih Sebelumnya Pak,….
    Kalo Bisa Kirim Via E Mail Saya di chauchanie_2007@yahoo.co.id

  52. Suherman berkata:

    Ruet tu Pak, saya guru PKn disuruh ngajar TIK kelas XI setelah saya liat kurikulumnya malah bahan ajarnya internet weleh…weleh…jika Bapak berkenan kirimkan saya materinya tuk pengayaan biar saya ndak terlalu banyak pusingnya. makasih ya Pak sebelumnya. e-mail saya. bapaksma@yahoo.co.id

  53. sulistio berkata:

    Bagi rekan2 yang punya rpp smk tek.industri tolong kirim ke e-mail aq ya

  54. eko berkata:

    terimakasih atas semua apa yang sudah di sajikan

  55. aritra berkata:

    saya setuju dengan komentar rekan2 guru TIK atas perlunya menguasai berbagai kompetensi, alangkah baiknya juga pemerintah memperhatikan guru tik disekolah2. karena hasil pengamatan saya untuk daerah sumatera utara khususnya kab. simalungun belum ada guru tik yang berstatus PNS. kenapa??? karena memang pemerintah tidak pernah membuka formasi penerimaan PNS untuk guru tik. alangkah baiknya dengan bertambahnya kesejahteraan guru TIK pasti profesionallismenya meningkat. karena daya dukung merupakan hardware dan software yang harus merogoh kocek untuk membelinya.

  56. Abd.Makmur berkata:

    saya guru TIK pada SMP Saribuana Makassar berstatus guru honorer.basic saya bukan dari komputer,cuma diperbantukan.saya adalah staf tata usaha.bagi rekan2 yg punya rpp dan silabus serta cara dan trik mengajar TIK dengan alat (komputer) seadanya.makasih ya sblmnya.email saya. amakmurm.@gemail.com

  57. rumi berkata:

    Pak Tolong kirimkam contoh RPP untuk jurusan Teknik dan Perkantoran untuk STM
    terima kasih

  58. farida yulianti berkata:

    saya ingin bergabung disini mohon bantuannya dalam pembelajaran TIK. terimakasih

  59. mjanuaripin berkata:

    Terima kasih atas infonya pak. Saya seorang guru TIK yang benar-benar belum paham betul tentang komputer. saya mengajar anak-anak di sekolah sambil saya belajar. Apa yang saya bisa itulah yang saya sampaikan. Untuk itu saya mohon bantuannya kalo ada situs yang berisi tentang materi-materi TIK khususnya untuk SMP dan SMA di Internet, mohon kasih tau saya.

  60. TATIEK.K berkata:

    salam .saya mohon bantuan rekan2 bs bantu saya uy\tk dapetin RPP n SILABUS KKPI TERIMA KASIH SEBELUMYA salam

  61. herdianta berkata:

    pak, bagaimana mendowload silabus dan RPP TKJ, begitu juga silabus dan RPP RPL untuk SMK, soalnya nama website tidak tahu saya pak. Mohon informasinya pak, terima kasih

Tinggalkan Balasan

