Bersyukur…(4)

Allah akan membalas orang yang bersyukur

Saya kutipkan firman Allah yang menyatakan Allah akan membalas orang yang bersyukur sebagai berikut :

Surah 3 (Al Imron); Ayat 144 -145

144. Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

145. Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

Surah 4 (An Nissa); ayat 147

Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman ? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.

Surah 7 (Ibrahim) ;ayat 14

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Surah 54 ( Al Qamar); Ayat 34-35

34. Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang membawa batu-batu (yang menimpa mereka), kecuali keluarga Luth. Mereka Kami selamatkan sebelum fajar menyingsing,

35. sebagai nikmat dari Kami. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur,


Walaupun dengan jelas Allah menyatakan pada kutipan-kutipan firman Allah sebelumnya bahwa Allah tidak membutuhkan bersyukur kita kepadaNYA, dan bersyukur itu kebaikannya adalah untuk yang bersyukur itu sendiri. Pada kutipan firman Allah di atas dengan sangat jelas Allah akan membalas bagi yang bersyukur kepadaNYA.

Dengan yang sangat jelas adalah Allah akan menambahkan pada apa yang disyukuri kepada yang bersyukur kepadaNYA, dan jika yang mengingkari dan tidak bersyukur akan diberi azab.

Untuk contoh saya kira sudah jelas bagi kita segala bencana sudah terjadi di negeri ini, akibat dari kita yang amat sedikit bersyukur kepadaNYA, Pembalakan liar akibatnya banjir bandang, tanah longsor, belum lagi banjir lumpur sampai sekarang belum selesai, tsunami terjadi berkali-kali dan lain lain. Apakah ini suatu indikator bahwa penduduk negeri ini sedikit sekali yang bersyukur dan kebanyakan kufur nikmat ? Itu azab secara luas, bagaimana dengan perorangan misalnya pengusaha yang tak pernah bersyukur bangkrut, seorang tenaga ahli atau ilmuwan tiba-tiba hilang kemampuannya kena strooke, Seorang dokter spelisialis penyakit tertentu meninggal karena penyakit yang dispesialisasikannya. Seorang petani kaya raya jadi bangkrut karena kebunnya kena hama yang tak dapat ditanggulanginya.


Jika kita bersukur Allah meridhai kita

Dalam kutipan firman Allah dibawah ini dengan jelas disebutkan . Jika kita bersyukur niscaya Allah meridhai kita.

Surah 39 (Az zumar); Ayat 7

7. Jika kamu kafir maka sesungguhnya Allah tidak memerlukan (iman)mu dan Dia tidak meridhai kekafiran bagi hamba-Nya; dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia memberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam (dada)mu.

Iklan

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Tasauf. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bersyukur…(4)

  1. fmz berkata:

    bukan Surah 7, ayat 14..
    tetapi Surah 14, ayat 7.

    harap maklum.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s