Bersyukur…(3)

Bersyukurnya kita adalah untuk kebaikan kita sendiri. 
Saya menganalogikan jika kita seorang Atasan telah memberikan segala sesuatu kebutuhan kepada karyawan bawahannya tapi karyawan bawahannya tak pernah bersyukur, tak pernah berterima kasih, bagaimana sikap, perasaan kita sebagai atasannya? Atau kita sebagai guru telah memberikan pengajaran dan pendidikan kepada murid-murid kita, kemudian murid-murid kita tidak pernah bersyukur dan berterima kasih bagaimana sikap dan perasaan kita sebagai guru ? Atau kita sebagai orang tua telah memberikan segala sesuatu kebutuhan bagi anak-anak kita, kemudian anak-anak kita tidak pernah bersyukur ataupun mengucapkan terima kasih atau malah durhaka kepada kita, bagaimana sikap dan perasaan kita sebagai orang tua ? Semua yang saya analogikan adalah manusia, bagaimana dengan Allah ? 
Allah tidak butuh bersyukurnya kita,  jika kita bersyukur kepadaNYA itu adalah untuk kebaikan kita sendiri, ini ada dalam firmanNYA sebagai berikut :
Surah 27 ( An Naml); Ayat 40 :
40. Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip.” Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia.” 

Surah 31 ( Luqman ); Ayat 12 :
12. Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” 

Saya berkesimpulan dari dari kutipan firman Allah di atas  bahwa orang yang baik adalah orang yang pandai bersyukur, karena orang yang pandai bersyukur adalah orang yang baik dan dengan selalu bersyukur kita akan menjadi orang yang baik. Kalau begitu orang yang tidak bersyukur adalah orang yang tidak baik ? kita dapat membalikan kesimpulan di atas sebagai berikut : Bahwa orang yang tidak baik adalah orang tidak pandai bersyukur, kareana orang yang tidak pandai bersyukur adalah orang yang tidak baik dan dengan selalu tidak bersyukur kita akan menjadi orang yang tidak baik.  
Bagaimana menurut Anda ?

Iklan

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Tasauf. Tandai permalink.

3 Balasan ke Bersyukur…(3)

  1. Zul Muslim berkata:

    Assalamualaikum Mas

    OOT: maaf, senang antum mengisi blogs kami
    Kami ingin mengajak antum bertukar link (barter links blogs) dengan situs ini. Silahkan antum tambahkan alamat-alamat blogs kami ini, kami akan menambahkan blogs antum juga di tempat yang telah kami sediakan,

    berikut blogs kami:

    http://aqidahislam.wordpress.com
    https://akhlaqmuslim.wordpress.com
    https://keluargamuslim.wordpress.com
    https://kisahislam.wordpress.com
    http://mediamuslimah.wordpress.com
    https://manhajislam.wordpress.com

    jazakumullohu khoir

  2. Zul Muslim berkata:

    oh ya.. jangan lupa klik http://www.mediamuslim.info (inspirasi dari semua blogs tersebut)

    semoga ditambahkan juga links http://www.mediamuslim.info di blogs antum ini.

    NB: Ana bukan Pengelola http://www.mediamuslim.info tapi ana telah mendapat izin untuk menyebarkan informasi situs tersebut:D

  3. Deni Triwardana berkata:

    Baik, saya akan tambahkan link ke media muslim, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s