Bersyukur…(2)

MENGAPA KITA DIPERINTAHKAN BERSYUKUR ?  Jawabannya : Karena banyak diantara kita sedikit sekali yang bersyukur kepadaNYA  Allah memberitahukan kepada kita melalui firmaNYA: bahwa kebanyakan kita amat sedikit  yang  bersyukur kepada NYA  rangkaian firmanNYA adalah sebagai berikut :  

Surah 2 ( Al Baqarah); Ayat 243
243. Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang ke luar dari kampung halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati; maka Allah berfirman kepada mereka: “Matilah kamu”, kemudian Allah menghidupkan mereka. Sesungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur. 
Surah 7 ( Al Araaf’);10
10. Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur. 
Surah 17 (Al Israa’); ayat 78
78. Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur. 
Surah 23 (Al Mu’minun); Ayat 78
78. Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur. 
Surah 32 (As Sajdah); ayat 9
9. Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. 
Surah 34 (As Saba’ ) ayat 13;
13. Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. 
Surah 40 ( Al Mu’min); Ayat 61
61. Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyal karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur. 
Surah 67 (Al Mulk); Ayat 23
23. Katakanlah: “Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati.” (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.  

Dari rangkaian firmanNya yang saya sebutkan diatas jelas Allah menginformasikan kepada kita bahwa kebanyakan kita amat sedikit yang bersyukur padanya. Dan Allah mempertanyakan kebersyukuran kita ? Dalam rangkaian kutipan firman Allah berikut di bawah ini. Allah menegur kita tentang bersyukur. 
Surah 36 (Yassin); Ayat 71-73
71. Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya?
72. Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan.73. Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur? 
Surah 36 (Yassin); Ayat 33-35)
33. Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah bumi yang mati. Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan dari padanya biji-bijian, maka daripadanya mereka makan.
34. Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air
35. supaya mereka dapat makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur? 

Allah SWT memberikan tanda-tanda kekuasaaNya bagi orang yang bersyukur. Berikut ini kutipan firman Allah tentang itu : Allah memberikan tanda-tanda kekuasaanya  bagi orang-orang yang bersyukur 
Surah 7 (Al A’raaf);Ayat 58
58. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur. 
Surah 14 (Ibrahim);5
5. Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami, (dan Kami perintahkan kepadanya): “Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah” Sesunguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur. 

Sehingga kalau di ulang kembali pertanyaan di atas mengapa kita perlu bersyukur ? sesuai dengan perintahnya agar kita menyadari kenikmatan dan segala sesuatu yang kita dapatkan adalah berasal dariNYA, Allah SWT. Dialah yang Maha Pengasih dan Penyayang.Kita hanya dapat berusaha saja, hasilnya hanya Allah yang menentukan.Dengan bersyukur kepadaNYA kita menyadari betapa yang kita dapatkan belum tentu didapatkan oleh orang lain, atau mungkin yang diberikan kepada kita adalah spesial hanya untuk kita.Dengan bersyukur pada apa yang kita dapatkan kita dapat merasakan betapa Allah Maha Pengasih dan penyayang kepada kita.Dengan bersyukur kita akan berbagi dan tidak serakah, kenapa ? karena ia menyadari kelebihannya adalah untuk dibagikan agar dapat dimanfaatkan orang banyak. Dengan demikan koruptor adalah termasuk orang yang tidak bersyukur kepada Allah.Dengan bersyukur menjadikan kita jauh dari kesombongan karena tanpa bantuan Allah kita tidak berdaya sama sekali, karena Allah Maha kuat dan lagi Maha menentukan dari hasil sedang kita upayakan.Dengan bersyukur kita akan bergantung hanya kepada Allah, Dialah yang Maha Memberikan dan Maha Mengatur pemberian. Dengan demikian yang bergantung kepada selain Allah adalah termasuk orang yang tidak bersyukur kepada Allah.Dengan bersyukur kita makin mendekatkan diri kepada Allah, menjalankan perintah Allah dan menjauhkan LaranganNYA. Dengan demikian jika tidak menjalankan perintahnya dan mendekati bahkan menjalankan laranganNYA maka Orang itu telah durhaka dan jauh dari bersyukur kepada Allah.Dengan bersyukur kita akan selalu mengingat Allah, karena Allah yang memberikan apa yang kita inginkan dan yang mungkin kita tidak inginkan.

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita, Tasauf. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s