Linux Sudah Di Buatkan Kurikulumnya

lindows.gifDalam pengantarnya pada kuliah hari kedua Bapak Pitoyo Yuliatmodjo yang juga penyusun kurikulum TI pada Puskur Diknas (Puat Kurikulum) dan pengembang e-dukasi.net menerangkan bahwa OS Linux dan Open Office nya sudah masuk pada kurikulum, beliau menegaskan bahwa kita selama ini tanpa terasa, tanpa dibayar telah menjadi agennya Microsoft, di ceritakan bagaimana waktu kuliah dulu komputer yang pertama digunakan adalah Apple ( Tutor se-angkatan dengan saya sama-sama pernah diajar oleh Prof. Dr. Dali S Naga pembuat bahasa program KILANG/bahasa program dengan bahasa indonesia yang berjalan pada komputer Aplle ). Kemudian digantikan dengan IBM PC terus dengan systemnya DOS berkembang menjadi MS-Windows 3.1 dan seterusnya sehingga menjadi standard, sehingga untuk beralih sekarang cukup memakan waktu untuk pembiasaan, seperti kita beralih dari wordstar ke MS-Word atau Lotus ke MS-Excel. Kuncinya seperti pribahasa Lancar Kaji karena di ulang Alah Bisa karena Biasa, Jika sudah masuk kurikulum kan pemakai kurikulum dapat memilih mana yang baik yang akan digunakan.

Beruntungnya Microsoft , software-nya lama dipakai untuk diajarkan ( walapun semua sekolah pada masa itu menggunakan software Microsoft bajakan hasil copyan yang pada masa itu belum ada undang-undang HAKI ) bahkan sampai dunia usaha-pun ( dunia usaha maupun instansi pemerintah pun memakai sotware Microsoft bajakan karena pada masa itu belum anda Undang-undang HAKI ) memakai standar bahwa lulusan yang akan diterima menjadi pegawainya harus dapat menggunakan Microsoft Office karena pada masa itu yang dikenal dan dipakai kebanyakan adalah Microsoft office. Pada masa sekarang sudah ada yang lain dan tidak kalah handalnya ! dan dunia usaha pun sudah banyak yang dan beralih ke Linux ( berkenaan dengan adanya undang-undang HAKI dan sweeping software bajakan kareana relativ mahalnya Lisensi produk Microsoft ).

Apakah kita masih tetap setia mengajarkan produk Microsoft ?

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

4 Balasan ke Linux Sudah Di Buatkan Kurikulumnya

  1. urip berkata:

    Ah nyatanya sampai sekarang windows masih merajai. sepertinya kebanyakan gak perduli tentang HAKI khan… Yg ngajar tentang HAKI gak malu juga padahal OS yg dipakai bajakan juga. Coba tengok di sekolah ke-agamaan windows bajakan masih merajai tuh…

  2. asepsap berkata:

    Menarik menanggapi pertanyaannya. Windows akan tetap merajai kecuali bila
    migration path dan migration insentive ke LINUX yang cukup jelas dan menguntungkan.
    Menurut hemat saya harus ada beberapa item aktivitas yang biasa dilakukan dalam proyek migrasi sistem. Orang migrasi biasanya bisa mendesain roadmap-nya. Salah satunya misalnya delta training dan material dari Windows ke Linux seperti materi tentang browsing di browser di Linux dalam kerangka migrasi dari Internet Explorer, atau aplikasi2 lainnya dengan lebih detail, per kasus bisnis terkecil.

  3. agresor berkata:

    bullshit dengan microsoft, dasar sok kuat dari negara kapitalisme. kalo gak pengen dibajak jangan mahal-mahal dong, berarti anda membunuh kreatifitas orang yang berkantong tipis. untuk pemerintah ngapain mikirin microsoft yang udah kaya, pikirin tuh rakyat indonesia yang pengen pinter tapi berkantong cekak. pikir pake otak jangan pake diengkul !!!

  4. jakartanux berkata:

    He..he..he… memangkata guru TIK saya “Memang lebih bagus linux sih, karena murah, tapi kalau di Indonesia mendingan Windows soalnya banyak dipakai”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s