Kompetensi Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi

Berikut ini adalah Petikan dari Makalah ” URGENSI SERTIFIKASI GURU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI” yang dibawakan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Jakarta, Prof. Dr. Basuki Wibawa.

Secara lengkap Kompetensi yang harus dicapai oleh para peserta menurut Pembawa Makalah adalah Sebagai berikut :

  1. Dapat menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar,
  2. Dapat menggunakan komputer dengan sistem operasi windows
  3. Dapat mengetahui sistem operasi lain selain windows
  4. Dapat menggunakan program aplikasi pengolah kata
  5. Dapat menggunakan program aplikasi pengolah angka
  6. Dapat menggunakan program aplikasi untuk presentasi
  7. Dapat menggunakan program aplikasi basis data
  8. Dapat menggunakan program aplikasi pengolah kata, pengolah angka dan aplikasi presentasi untuk proses belajar mengajar
  9. Dapat menggunakan komputer untuk browsing di internet
  10. Dapat menggunakan komputer untuk Chating di internet
  11. Dapat menggunakan komputer untuk keperluan email
  12. Dapat menyertakan file di dalam email (attachment)
  13. Dapat menggunakan komputer untuk searching di internet
  14. Dapat menggunakan komputer untuk mendownload file di internet.
  15. Dapat menjelaskan konsep jaringan komputer
  16. Dapat menjelaskan konsep local komputer dan remote computer
  17. Dapat membuat homepage sederhana di jaringan komputer lokal
  18. Dapat melakukan setting agar dua komputer saling terhubung.
  19. Dapat mengkoneksikan dua komputer membentuk jaringan sederhana (peer to peer).
  20. Dapat mengkoneksikan dua komputer atau lebih membentuk sebuah jaringan (LAN).
  21. Dapat membuat homepage/website yang melibatkan database sebagai sumber data (homepage interaktif)
  22. Dapat men-set homepage supaya dapat di akses di komputer lain dalam satu jaringan.
  23. Dapat membuat homepage/website interaktif untuk bahan ajar
  24. Dapat mendeteksi dan memperbaiki konektivitas komputer dalam jaringan
  25. Dapat menggunakan sedikitnya satu bahasa pemrograman untuk membuat suatu program ( Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dsb.)
  26. Dapat mengimplementasikan pengetahuannya dalam bidang bahasa pemrograman komputer untuk membuat bahan ajar sederhana,
  27. Dapat mengimplemenatasikan pengetahuan dalam bidang komputer untuk mengevaluasi butir soal (validitas dan realibilitas)
  28. Dapat mengatasi masalah ketika komputer gagal melalukan booting karena kegagalan perangkat keras,
  29. Dapat menginstall/remove program aplikasi di bawah sistem operasi windows
  30. Dapat mendeteksi komponen sistem komputer yang tidak berfungsi
  31. Dapat mengganti komponen sistem komputer yang tidak berfungsi
  32. Dapat melakukan sharing perangkat pendukung misalnya printer untuk beberapa komputer.
  33. Dapat mempublikasikan karya tulis pribadi ke media internet
  34. Dapat membuat software pembelajaran mandiri (bersifat interaktif dengan user)

Tentang Deni Triwardana

Staff Pengajar SMK Negeri 3 Jakarta, Mengajar Mata Diklat: Matematika dan Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

45 Balasan ke Kompetensi Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. Ping balik: Kalau Saya Jadi Seorang Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi « Emanuel Setio Dewo

  2. murniramli berkata:

    Pak, salam kenal.
    sekalian nanya :

    Definisi kata `dapat` kalau dinilai dengan angka atau huruf seperti apa bentuknya ?
    Apakah A atau 100; B, C, D…
    Mohon penjelasannya bagaimana mengukur kompetensi tsb dan seperti apa form penilaian/penguku
    rannya?
    Terima kasih .

  3. Adhi berkata:

    Dapat melakukan setting agar dua komputer saling terhubung ?

  4. goeroekoe berkata:

    semuanya itu “Ala bisa karena biasa”. tergantung kebutuhan, kalau dalam pekerjaan sehari-hari kita membutuhkan kompetensi tsb. mau gak mau ya harus mau, harus bisa. banyak orang2 kita yang belajar “kursus komputer” dan dapat sertifikasi dengan nilai “A”, tetapi karena jarang digunakan atau dipraktekkan akhirnya gak bisa apa2 ketika disuruhkan untuk mempraktekkan.
    persis kayak tes seleksi penerimaan guru di sekolahku. dibutuhkan seorang pengajar multimedia. banyak yang mengajukan lamaran dengan sertifikasi IT yang “wah”, tetapi ketika disuruh mempraktekkan kompetensinya untuk membuat sebuah proyek yang sederhana ternyata gak bisa.
    contoh sederhana saja, ada anak lulusan desain grafis ketika disuruh membuat Daftar Riwayat Hidup di komputer ternyata dia menggunakan program digital illustration untuk menulisnya. ketika ditanya mengapa tidak menggunakan Software Pengolah Kata? jawabnya “tidak familiar a.k.a tidak bisa”

  5. WAHYONO berkata:

    Bagaimana kalau ada guru yang bukan lulusan ilmu komputer tapi bisa menguasai semua kompetensi itu ? apakah juga dapat sertifikasi ? Kalo yang berhak jadi guru komputer adalah yang lulusan dari ilmu komputer tentu sangat naif karena ilmu komputer itu luas dan perkembangannya sangat cepat. Fakta membuktikan ketika teknologi sudah dinikmati banyak orang, dirusak dengan aturan yang dibuat oleh orang yang ngak expert dibidang ini

  6. Tom Kempluu berkata:

    Kurang 1 kompetensi : DAPAT MENGGUNAKAN SOFTWARE BAJAKAN DENGAN LANCAR DAN AMAN

  7. aryanto jamaica berkata:

    di era yang global seperti sekarang ini, setiap orang dituntut agar bisa menguasai teknologi yang selalu berkembang setiap saat,apalagi seorang tenaga pendidik harus benar-benar mempunyai wawasan yang luas&pengetahuan yang tinggi tentang hal hal didunia pendidikan

  8. jefri fauzul berkata:

    pak,salam kenal.
    pak tolongin donk pak kasih tahu situs tentang ilmu komputer,dan situs buat download software gratis buat blokir ip adress.terima kasih.

  9. Suhardi HP berkata:

    Urgensi dan kompetensi untuk sertifikasi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi spt yang disyaratkan oleh Prof. Dr. Basuki Wibawa kalau kita amati di dunia pendidikan kita saat ini memang sangat jauh dari realita. Penyebab utama barangkali adalah kesalahan dalam proses rekruitmen di negeri ini yang seringkali menomorsatukan lulusan apa daripada apa yang dikuasai oleh calon tenaga kerja. Padahal seperti yang disampaikan banyak pihak, teknologi informasi dan komunikasi adalah bidang yang sangat dinamis. Kalau kita ingin memiliki tenaga-tenaga pendidik yang mumpuni untuk mata pelajaran ini, maka yang harus diutamakan adalah faktor kemampuan dan kemauan untuk belajar mengikuti dinamika IT.
    Sertifikasi seharusnya dilakukan oleh mereka yang paham dan bisa menilai parameter-parameter seperti yang dimaksudkan oleh profesor kita tadi.
    Akan sangat ironis kalau yang menguji dan yang menentukan pemberian sertifikasi juga mereka yang gak paham dibidangnya – makin jadilah protret dunia pendidikan kita, selalu berwajah suram dan hanya menghasilkan lulusan yang “berijazah”, bukan lulusan yang mampu dan memahami apa yang seharunya mereka pelajari.

  10. Winarto berkata:

    Sekarang serba repot, di Singapura seorang profesor tidak bisa komputer dikatakan buta huruf, bagaimana di Indonesia ? Saudara2 kita didaerah (bukan pelosok) masih banyak sekali yang tidak mengerti bagaimana cara mengoperasikan komputer. Saya pikir untuk untuk sementara ini kompetensi dan urgensi guru komputer sementara diabaikan dulu tetapi persyaratan tersebut tetap diberlakukan secara bertahap. Lulusan komputer sendiri kebanyakan untuk dijadikan guru komputer masih minim sekali.

  11. asep kurnia S.Pd berkata:

    saya alumni dari IKIP Yogyakarta jurusan elektronika, 6 Tahun mengajar teknisi komputer dan Jaringan, dan mengerjakan beberapa proyek yg hubungannya dengan kriteria kompetensi. Sekarang Saya Jadi Guru bantu DI SMK 1 Muhammadiyah PEKANBARU, Apakah Saya Diperbolehkan Menjadi Pengajar di Jurusan teknologi dan Informasi, …

  12. Abdul Muhtadi berkata:

    Salam, Saya adalah seorang pengajar komputer di Sebuah SD Swasta, n saya lulusan SMU apa bisa untuk ikut sertifikasi guru, n mohon bantuannya, terimakasih

  13. aby berkata:

    kalo boleh berbagi,minta dikirimin contoh KTSP SMU matpel TIK

  14. yukky berkata:

    saya setuju dengan hal ini!!!!!!!!!

  15. Fariz berkata:

    Maaf sya tdak setuju denGan Hal ini

  16. ???? berkata:

    smua tuh bner2 bangsad,memek

  17. neeeeeeh berkata:

    neeehhhhhhhh klooooo maaaooooooo!!!

  18. 3121ka berkata:

    saya lulusan dari ilmu komputer telah 5 tahun saya mengajat Komputer dan sekarang TIK di palembang.saya senang benar waktu ada sertifikasi tapi kemudian saya kecewa katanya yang akan diangkat jadi PNS itu hanya guru-guru mata pelajaran IPS atau Eksakta saja.mohon penjelasannya???????

  19. Ping balik: Kompetensi Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi « SDIT Al-Hikmah Bintara

  20. budi kriswanto berkata:

    salam kenal,
    tolong kirimkan RPP pelajaran TIK untuk SD dari kelas 1-6, thanks before

  21. fitria berkata:

    salam kenal
    tolong bantuannya, kirimkan rpp pelajaran TIK untuk sd kelas 1 sampai 6
    terima kasih ^_^

  22. Siti Munawaroh berkata:

    Di Tulungagung Pengajar TIK dan KKPI di SMP SMU dan SMK masih banyak dibutuhkan. karena guru-gurunya masih belum punya kompetensi tersebut. bagaimana dengan saya yang sudah sejak tahun 1998 lulus dari T. Informatika dan sudah banyak menyumbangkan ilmu saya di bidang pendidikan kursus komputer, yang masih punya keinginan yang besar dan tekat yang kuat untuk mengembangkan ilmu dan kemampuan saya di bidang TI. Untuk itu saya ingin bergabung di sekolah mudah-mudahan ada perhatian karena saya lulusan dari Institut yang tidak bonafid dan usia yang tidak muda lagi. tapi punya motivasi yang kuat.

  23. Afri berkata:

    Saya sedang butuh RPP komputer berikut silabus dan program pengajaran

  24. sofyan berkata:

    saya sedang cari lowongan guru TIK

  25. Agus Sugiyanto berkata:

    Kepada Rekan-rekan MGMP Tinkom Kab.Tegal – Koq Sepi Ga ada warta Bintek & pelatihn pelatihan yang diselenggarakan MGMP? apa anggaran belum turun nih…

  26. Sodikin berkata:

    Saya Guru TIK di salah satu SMP Swasta kemudian juga operator salah satu warnet di daerah brebes, sambil belajar, saya punya masalah dengan bahasa pemrograman, ada yang bisa bantu please…

  27. Eko komara berkata:

    Saya staf TU di MTs sbgai operator komputer..saat ini saya di beri tugas tambahan sebagai guru TIK..sy mnta tlong bagi yg punya RPP dan Silabus TIK kls 7-9,mhon untuk sharing..krena blm pernah ngajar jd saat ini sy ga punya pedoman..tlg kirm ke emailku ya

  28. Eman berkata:

    Saya sbg seorang guru merasa bingung dengan kondisi sekolah tempat sy mengajar, karena karena di sekolah kami belum dilengkapi dengan fasilitas komputer yang memadai, sementare tuntutan kurikulum harus di sampaikan. tapi sarana yang ada sangat terbatas.

  29. bunda berkata:

    Salam kenal.
    saya seorang dosen di salah 1 PTN di Jatim.Semester ini ada m.kul baru yaitu TIK dalam Pembelajaran di jurusan Teknologi Pendidikan. Saya butuh contoh RPP m.k TIK,punya ga ? thank you b4

  30. dian berkata:

    salam kenal
    menurut sy, kompetensi ini juga harus dimiliki oleh guru-guru yang lainnya, meskipun tidak semua kriteria harus terpenuhi.
    karena selama ini di sekolah-sekolah terutama di daerah, banyak guru yang belum dapat menggunakan komputer. bahkan memegang mouse masih awam

  31. cecil berkata:

    tolong beritahu saya bagaimana cara menghidupkan dan memetikan komputer PCLinux?jelaskan!
    balas di email saya

  32. agung berkata:

    sertifikasi guru memang seharusnya dilakukan.tak lebih untuk mendapatkan predikat sebagai tenaga profesional di bidangnya. apalagi dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, sudah sepatutnya bagi para guru TIK untuk segera mendapatkan ijazah sertifikasi.
    Bagi teman-teman, yang tahu Universitas/PT mana saja yang mengadakan kuliah sertifikasi guru TIK mohon dengan sangat bisa di informasikan ke e-mail saya.
    ato kontak langsung ke YM saya : agungmikro@yahoo.com
    Terima kasih…..

  33. Ping balik: Kompetensi Guru TIK Oleh deni wardana « Crewl’s Weblog

  34. siti berkata:

    salam kenal.
    apa kompetensinya g kurang banyak? biar sekalian g ada yang minat ngajar TIK disekolah. kompetensi sebanyak itu apa berlaku untuk setiap jenjang pendidikan? ex. SD. kalau brlaku apa g terlalu dipaksakan?
    trims

  35. Ahmad Maulana berkata:

    Maaf bukannya sombong, Insya Allah 95% saya bisa atas syarat diatas. Tapi kalo digeneralisasikan untuk seluruh guru TIK di INdonesia paling sekitar 10 % saja. Lagi pula syarat diatas berlaku untuk guru pada tingkat apa dulu???? Ko Ujug2 harus bisa bikin WEB !!!! Aneh……!???@#$#^$%&&

  36. Jasmin berkata:

    Jadi Guru TIK Harus bener bener menguasai ilmu dan prakteknya. kayaknya sih kurang abdol kalau hanya bisa prakteknya aja. kan sekarang uru TIK haris bisa menguasai peralatan TIK yang saat ini sudah berkembang pesat.
    aku juga blm begitu menguasi TIK , minta meteri untuk mengajar SMA SMK Kelas x , xi , dan XII dong . Aku juga pengin lo belajar biar enggak GapTek.
    Trima kasih , untuk yg membacanya
    JASMIN S.E. Guru TIK SMP Dhammasavana Jakarta Barat

  37. zulrahmat berkata:

    Assalamu “alaikum Wr. Wb.
    Saya Guru TIK yang spesialisasinya bukan TIK, saya sangat membutuhkan informasi lebih banyak lagi tentang TIK yang diajarkan di SMA, untuk itu saya sangat mengharapkan bantuan dari teman-teman pengunjung di alamat ini.
    Terima kasih, Wassalam ‘Alaikum Wr. Wb.

  38. rose-ita berkata:

    assalamu’alaikum wr. wb.
    saya guru TIk di MTs negeri jakarta sudah 5 tahun saya mengajar TIK walaupun spesialisasi saya bukan TIK. sekolah saya tahun ini alhamdulillah sudah koneksi internet. saya sangat butuh info lebih banyak lagi tentang TIK untuk level MTs/SMP. khususnya pembentukan MGMP karena setahu saya, saat ini belum dibentuk MGMP TIK untuk MTs. bila ada info tentang MGMP TIK Mohon bantuannya, Jazakallah.
    wassalamu’alaikum wr. wb.

  39. agus sugiyanto berkata:

    mohon info tentang hotspot connection to server

  40. pandu berkata:

    Apakah kopetensi tersebut untuk guru SMP atau SMA atau SMK

  41. dudu berkata:

    yang lebih mengenaskan adalah pada umumnya guru TIK tidak berlatar belakang ilmu Komputer. ini terjadi karena pemerintah sangat lamban dalam mempersiapkan lembaga yang mampu mengeluarkan lulusan yang kompeten di bidang ICT sekaligus membekali Akta 4 sebagai SIM (surat ijin mengajar). ganti mentri pendidikan

  42. Icep berkata:

    Banyak juga yah,oh iya perkenalkan,nama saya icep,saya masih berstatus mahasiswa di sebuah PTN di bandung.
    Waduh memang sih,ini adalah PR bagi pemerintah untk cepat tanggap dlm menghadapi era globalisasi,misalnya di dunia pendidikan adalah pembangunan sebuah sekolah virtual yg berbasiskan ICT,namu kita juga tahu,kalo indonesia msh sangat ketinggalan di bidang ICT,jd bagaimana mau menerapkan ICT di berbagai bidang kalo SDM nya saja masih terbatas.
    Memang benar,saat ini kebanyakan guru-guru TIK smp-sma msh bnyk yg bukan berbasic pendidikan ato juga walau berbasic pendidikan bukan ICT ny,tp dari bidang lain.
    Memang pemerintah sangat lamban untuk menangani masalah ini,terutama mengadakan lembaga untk menghasilkan guru TIK.
    Tap di Universitas Pendidikan Indonesia sudah di buka program studi Pendidikan ilmu komputer,yg insyaAllah lulusannya kompeten di bidangnya,memang baru tahun ini akan di adakan wisudanya….
    Tapi ìni adalah bukti bahwa pemerintah memang peduli,walau lamban,hehe….

  43. Pasa Firaya, ST berkata:

    Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship.

  44. Erwin Sirait berkata:

    Pak minta tolong kirimkan contoh bahan ajar tik kelas x, yang dibuat di Ms.word dan powerpoint serta kalo bisa contoh remedial berkelanjutannya juga ya Pak.

    thank’s

  45. X-Grinder berkata:

    Menurut saya,yang terpenting adalah mengajarkan yg sesuai dengan yg diajarkan.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s